DILEMMA Manusia Kini & Nanti dalam Interaksi Digital: Mindless vs Mindful

Satu mindful diantara banyak mindless 
Kita semakin lama semakin hidup dalam gelembung digital kita sendiri. Bahkan ketika bersama-sama secara fisik - bersama keluarga, tetangga, atau teman entah di ruang keluarga kita sendiri, di luar rumah, dan di tempat-tempat umum - mata kita selalu terpaku pada ponsel, tablet, dan laptop kita sendiri, kadang-kadang (bahkan mungkin seringkali) tidak menyadari akan keluarga, teman, dan kolega kita yang sedang duduk dengan kita, yang sedang makan dengan kita atau yang sedang bepergian dengan kita. 

Para "teenagers" telah berubah menjadi "screenagers". Anak-anak kecil memiliki jatah waktu untuk berinteraksi dengan layar mereka sendiri. Banyak dari kita yang sekarang mudah merasa kehilangan sesuatu jika tanpa smartphone, kita terus-menerus menengoknya dari kantong untuk mengikuti gosip, berita, atau jepretan terbaru - dengan konsekwensi bahwa kita bersikap tampak kurang "friendly" kepada orang-orang di sekitar kita. Apakah kita benar-benar membutuhkan berbagai macam perangkat pintar seperti sepatu pintar yang bisa memberi tahu kita ketika kita sedang malas? Atau kacamata pintar yang bisa memberi tahu kita apa yang boleh dan tidak boleh kita makan? Apakah ini yang benar-benar kita inginkan dari teknologi - dimana semakin banyak bentuk MINDLESS INTERACTION (interaksi tanpa kesadaran dan akal) dan kecanduan informasi?



MINDLESS berarti tidak peduli, tidak menyadari, dan membutakan diri terhadap apa yang terjadi di sekitar kita.

Bagaimana kita bisa mulai memikirkan kembali hubungan kita dengan teknologi digital masa depan yang lebih MINDFUL (penuh perhatian)?

MINDFUL berarti kita menjadi hidup dan sadar atau sadar akan seseorang atau sesuatu di sekeliling kita. 

Hal ini bisa dicapai apabila kita berpikir lebih banyak tentang bagaimana kita bisa melakukan berbagai macam hal bersama-sama, menggunakan perangkat bersama, piranti, data dan teknologi yang mendorong kita untuk lebih bijaksana satu sama lain dan lingkungan sekitar kita.

Di bawah adalah video penggunaan smartphone secara MINDLESS yang pernah viral!!


referensi: 
interaction design - beyond human-computer interaction

Comments

Cemit said…
Mantabb Broo..

Popular posts from this blog

10 Pepatah Jawa Kuno Untuk Menjalani Hidup Yang Semakin Kompleks

Kumohon Ya Tuhan MB 218