Legenda 12 Shio (Zodiac China)

Gambar: 12 Shio/Zodiak China. License: CC By

Shio atau zodiak china memiliki 12 macam: Tikus, Sapi, Harimau, Kelinci, Naga, Ular, Kuda, Kambing, Monyet, Ayam, Anjing, Babi. Ada dua versi cerita legenda tentang asal-usul ke-12 shio/zodiak tersebut dan keduanya memiliki variasi certanya sendiri. Sudah pernah tahu tentang legenda atau cerita rakyat dibalik ke-12 shio tersebut? Meskipun legenda tersebut dibuat oleh orang dan sudah lama sekali dan juga bukan kenyataan tetapi tidak ada salahnya untuk diketahui sebagai bagian dari cerita rakyat yang menarik. 

Legenda 1 

Jaman dulu sekali, tidak ada zodiak Cina. Kemudian Kaisar Langit ingin memilih 12 binatang untuk menjadi pengawalnya. Dia mengirim makhluk abadi ke dunia manusia untuk menyebarkan pesan kompetisi untuk paling cepat melewati Gerbang Surgawi, semakin cepat semakin baik peringkatnya.

Pertama muncul: Tikus yang Cerdas & Tangkas dan Sapi yang Rajin


Keesokan harinya, binatang-binatang berangkat menuju Gerbang Surgawi. Tikus bangun pagi sekali. Dan dalam perjalanan menuju gerbang, dia akhirnya berada di suatu sungai. Dia berhenti di situ, karena arusnya deras. Setelah menunggu lama, Tikus melihat Sapi yang akan menyeberangi sungai dan dengan cepat melompat ke telinga si Sapi. Sapi yang rajin sama sekali tidak keberatan dan terus melanjutkan perjalanan. Setelah menyeberangi sungai, Sapi berlari menuju istana Kaisar Langit. Tiba-tiba, Tikus melompat dari telinga Sapi dan berlari ke kaki Kaisar. Tikus memenangkan tempat pertama dan Sapi berada di urutan kedua.

Kompetitif dan Cepat: Harimau dan Kelinci

Harimau dan Kelinci berada di urutan ketiga dan keempat karena keduanya cepat dan kompetitif, tetapi Harimau lebih cepat. (Kelinci menyeberang sungai dengan melompat ke atas batu loncatan dan sebuah kayu yang mengapung.)

Naga yang tampan dan Ular yang penuh tipu daya

Naga yang tampan berada diurutan kelima dan segera diperhatikan oleh Kaisar Langit, yang mengatakan bahwa anak Naga bisa menjadi yang keenam. Tetapi anak naga tidak ikut dengannya hari itu. Saat itu, Ular muncul dan maju dan berkata bahwa Naga adalah ayah angkatnya; jadi Ular berada di urutan keenam.

Kuda dan Kambing yang baik dan sederhana

Kuda dan Kambing tiba. Mereka sangat baik dan sederhana dan masing-masing saling mempersilahkan yang lain maju lebih dulu. Kaisar Langit melihat betapa sopannya mereka berdua dan memberi peringkat ketujuh dan kedelapan.

Monyet yang melompat

Monyet berada jauh di belakang. Tetapi dia melompat-lompat di antara pepohonan dan batu, dan berhasil mencapai posisi kesembilan. Terakhir adalah Ayam, Anjing, dan Babi.

Akhirnya Ke 12 binatang tersebut menjadi penjaga Gerbang Surgawi.

Legenda 2

Buddha meminta semua binatang untuk bertemu dengannya pada saat tahun baru dan kemudian memberi nama masing-masing tahun setelah 12 binatang yang muncul pertama, yaitu, Tikus, Sapi, Harimau, Kelinci, Naga, Ular, Kuda, Kambing, Monyet, Ayam, Anjing, Babi.

Catatan legenda:
  • Konon binatang yang ke-13 adalah kucing. Tetapi ada dua versi mengapa kucing terlambat datang. Versi 1: kucing juga menunggang sapi tetapi didorong oleh tikus dan jatuh ke sungai. Versi 2: tikus memberi kucing jadwal tanggal yang salah sehingga kucing ketinggalan kompetisi. Kedua versi ini menjelaskan mengapa kucing selalu memburu tikus hingga sekarang... 😆
  • Konon orang yang lahir pada masing-masing tahun shio binatang tersebut memiliki beberapa karakter yang mirip dengan karakter binatang dalam shio tersebut.
Apa shio Anda? Gong Xi Fa Chai, Xin Nian Kuai Le

🎇🎇🎇
referensi:
  • https://www.chinahighlights.com/travelguide/chinese-zodiac/story.htm
  • https://edition.cnn.com/2013/11/15/world/asia/chinese-new-year-fast-facts/index.html
Artikel lain yang mungkin Anda suka:

Comments

dewisari said…
ayo bergabung dengan Bolavita banyak bonus2 paling menarik
dan tanpa ribet syarat cuma depo dan langsung di berikan
Proses depo wd secepat kilat buktikan sendiri ^^ sabung ayam bangkok

info lebih lanjut:

WA: +628122222995
BBM: BOLAVITA(NEW)

Popular posts from this blog

10 Pepatah Jawa Kuno Untuk Menjalani Hidup Yang Semakin Kompleks

Kumohon Ya Tuhan MB 218