Institut Teknologi Kreatif BINUS @Malang

Memulai awal semester dengan rangkaian FEP (Freshmen Enrichment Program, dulu biasa disebut dengan ospek), rapat, ramah tamah, dan tidak lupa foto bersama dengan tim baru, teman-teman baru dan tempat baru, ITK (Institut Teknologi Kreatif) BINUS @Malang, Kota Araya, Malang.
New place - new team - new friends.
Dari kiri ke kanan para dosen Informatika Institut Teknologi Kreatif BINUS @Malang
Pak Sidharta, Pak Choirul Huda, Bu Wina, Pak Hanugra, Pak Anang, Dian Sano.

Apa kira-kira yang menjadi harapan ITK BINUS @Malang sebagai perguruan tinggi dengan judul yang agak unik, kelihatan lain daripada yang lain, dan beraroma masa kini? Institut Teknologi Kreatif!! Saya cukup  surprise juga pertama kali mendengar dan melihat bahwa BINUS di Malang berjenis Institut Teknologi plus embel-embel kata Kreatif pula.

Teknologi Kreatif?

Kreatif berasal dari bahasa inggris 'creative' (adj/kata sifat) yang artinya kurang lebih berdaya cipta, kata bendanya (noun) adalah 'creation' yang artinya ciptaan/karya, kata kerjanya (verb) adalah 'to create' yang artinya menciptakan, dan si penciptanya adalah 'creator'. Pencipta atau 'creator' seringkali dimaknai mengacu kepada Tuhan. Karena memang Tuhan adalah pencipta alam semesta dan semua makhluk di dalamnya termasuk manusia. Jadi creator sejati adalah Tuhan. Konon menurut cerita ketika Tuhan (creator) menciptakan manusia, Dia menghembuskan nafas kehidupannya (roh) kepada manusia, sehingga dalam diri manusia mengandung nafas dari sang creator itu sendiri. Karena manusia mengandung nafas dari sang creator, maka dalam diri manusia terkandung benih-benih sebagai creator. Dengan kata lain, pada hakikatnya manusia adalah makluk yang 'creative' karena mengandung daya cipta sejak awal mula ada. Kalau manusia mulai kehilangan daya kreatifnya mungkin akan segera kehilangan karakteristik dasarnya sebagai manusia. 

Dengan nama yang agak unik tadi (Institut Teknologi Kreatif!!) bisa jadi dan sangat mungkin para civitas academia di ITK BINUS @Malang baik para dosen, karyawan, dan mahasiswa akan menjalankan proses belajar dan berbagi pengetahuan bersama berdasarkan gagasan bahwa manusia adalah makhluk yang creative dan seharusnya tetap menjaga dan mengembangkan daya kreatifitasnya yang dipadukan dengan pemanfaatan teknologi terkini. 

Di akhir-akhir ini para pakar banyak yang berpendapat bahwa teknologi informasi adalah teknologi yang tercepat perkembangannya dalam sepanjang sejarah dunia. Di dalam area teknologi informasi sendiri saat ini para pakar sepakat bahwa teknologi berbasis mobile computing mengalami pertumbuhan yang luar biasa. Dengan ilmu ramal-meramal sederhana, besar kemungkinan bahwa manusia yang kreatif plus menguasai teknologi informasi, terutama teknologi berbasis mobile computing akan menjadi para pemegang kemudi arah pergerakan dunia.

Semoga ITK BINUS @Malang menjadi tempat pendidikan bagi para civitas academia yang kreatif, dengan proses yang kreatif di tempat yang kreatif untuk menjadi para sarjana yang kreatif (dengan memanfaatkan teknologi.... yang kreatif !!)


Artikel terkait:


Comments

Popular posts from this blog

10 Pepatah Jawa Kuno Untuk Menjalani Hidup Yang Semakin Kompleks

Kumohon Ya Tuhan MB 218