Training of Trainers - Java Foundation dari Oracle Academy di Binus

Sebagian peserta ToT (Training of Trainers) dari OA (Oracle Academy)
setelah selesai mengikuti pelatihan Java Foundation 4 hari penuh
Training of Trainers (ToT) dengan topik Java Foundation ini diselenggarakan oleh Oracle Academy (OA) dan di host oleh Binus University Jakarta mulai 17 April sampai dengan 21 April. Materi sangat padat termasuk 11 kali quizzes plus mid exam dan final exam. Membandingkan dengan ketika dulu belajar Java secara otodidak, ternyata memang banyak topik di bagian fundamental yang terlewatkan. Misalnya, bagaimana tipe data primitive dan tipe data reference disimpan di memori, bagaimana kode-kode pemrograman yang menghasilkan output yang sama tetapi diproses secara berbeda, apa perbedaan dalam variabel reference String abc = "abc"; dengan String abc = new String("abc"); dan masih banyak lagi hal-hal baru yang ditambahkan dalam berbagai versi Java (konsekwensi logis evolusi) yang dulu belum muncul ketika belajar otodidak. Untuk software yang digunakan dalam pelatihan ini adalah Netbeans.

ToT dari OA ini diikuti oleh sekitar 20-25 orang kalau tidak salah (lupa jumlah tepatnya) dari beberapa universitas (mungkin sekitar 6-7 universitas - lupa juga jumlah tepatnya) yang umumnya sudah mahir dalam Java. Dari presentasi kelompok setelah final exam sudah terlihat output pemrograman mereka sudah banyak yang canggih....:):) walaupun mungkin ambil kode di internet dan kemudian dimodifikasi :):).

Para peserta ToT ini setelah selesai mengikuti pelatihan berhak untuk mengajar kepada para mahasiswa/murid/dll untuk belajar Java (Java Foundation) menggunakan kurikulum dari Oracle Academy dan menggunakan fasilitas/fungsionalitas dari web iLearning dari Oracle Academy (materi kursus, materi kuis, ujian, presensi, dan lain-lain yang ada di sistem iLearning Oracle Academy). Peserta ToT juga boleh mengeluarkan sertifikat dengan template dari Oracle Academy kepada para siswanya yang mengikuti kursus lewat kurikulum Oracle Academy. Lumayan bukan?
Sertifikat Java Foundation dari Oracle Academy

Post artikel yang mungkin Anda suka:

Comments

Popular posts from this blog

10 Pepatah Jawa Kuno Untuk Menjalani Hidup Yang Semakin Kompleks

Kumohon Ya Tuhan MB 218