Bagaimana Membedakan Programmer Senior vs Junior

Perbedaan diantara keduanya, menurut Aziz Ali, Founder & Chief Instructor @ iLoveCoding.org, dalam tulisan singkat di Quora.com, adalah bagaimana cara mereka berkerja dan memecahkan masalah.

Programmer junior


Programmer senior


#1. Pengalaman dalam Memecahkan Masalah
Programmer senior adalah seseorang yang memiliki banyak pengalaman dalam memecahkan banyak tantangan pemrograman. Ketika masalah muncul, programmer senior kemungkinan akan memiliki riwayat dalam pemecahan masalah tersebut dibandingkan dengan programmer biasa atau programmer junior yang mungkin terlihat khawatir atau takut tentang masalah baru.

#2. Pendekatan dalam Pemecahan Masalah
Programmer senior berdasarkan didikan pengalaman akan mengesampingkan skenario-skenario tertentu melalui tes-tes kecil. Programmer biasa/junior akan membuat apa saja (kode-kode) dan melihat mana yang berhasil. Mereka mungkin merasa bahwa mereka membuat kemajuan, tapi itu seperti bermain lotre. Programmer senior adalah orang yang sangat logis. Dia bekerja seperti seorang ilmuwan melalui eksperimen/test, memvalidasi asumsi dan menghubungkan titik-titik tersebut untuk mencapai kesimpulan.

#3. Terbuka dengan Berbagai Kemungkinan
Programmer biasa/junio akan memiliki mindset yang tetap, ia akan menggunakan pengetahuan yang sudah ada dalam pikirannya untuk sampai pada kesimpulan - pada apa yang mungkin dan apa yang tidak. Programmer senior akan mengakui bahwa mungkin saja ada cara yang lain. - Suatu plugin, modul, trik, tweak yang bisa membantu klien memecahkan masalah.

Gambar sumber: Junior Designers vs. Senior Designers

Link terkait:

Comments

Popular posts from this blog

10 Pepatah Jawa Kuno Untuk Menjalani Hidup Yang Semakin Kompleks

Kumohon Ya Tuhan MB 218