15 Resolusi Tahun Baru Yang Bisa Anda Pilih

Tahun baru sudah semakin dekat. Musim liburan sudah mulai terasa. Banyak orang menggunakan pergantian tahun sebagai salah satu momentum yang paling baik untuk berintrospeksi dan mengevaluasi berbagai aspek dalam kehidupan mereka selama satu tahun yang berlalu. Satu tahun ke depan adalah sarana untuk mewujudkan hasil instrospeksi dan evaluasi dari tahun yang sudah lewat dalam bentuk resolusi. 

Bagi kaum muda-mudi, orang tua, pelajar, mahasiswa/i, guru, dosen, manajer, karyawan biasa, eksekutif, pensiunan, pejabat pemerintah, TNI/Polri, pebisnis, pengacara, motivator, atlit, seniman/wati, politisi, ulama. biarawan/wati, dsb, dsb, yang belum disebutkan disni dan masih bingung belum punya resolusi untuk tahun baru di depan, bisa memilih salah satu atau dua dari daftar 15 resolusi andalan yang sudah di-filter, dipilih, diseleksi, dan di-adaptasi untuk Anda semua. Silahkan dipilih...😍

1. Berhenti membuat dan/atau membagi 'hoax' dan menjadi orang yang lebih santun
  • Sudah waktunya untuk berhenti membuat maupun menyebarkan hoax dan jenis kebohongan apapun. Selain tidak bermanfaat dan justru merugikan diri sendiri dan orang lain dalam semua aspek kehidupan, membuat dan membagikan hoax/kebohongan bisa berakibat fatal masuk penjara, meskipun hanya iseng.
  • Selain itu, kesantunan adalah bagian penting dari masyarakat yang beradab. Kesantunan juga memudahkan orang untuk berhubungan dengan orang lain. Berhenti menyinggung/menyerang orang lain akan membuat orang lain percaya bahwa kita adalah orang yang baik dan terpercaya.
2. Berhenti menunda-nunda
  • Ini adalah hambatan terbesar orang dalam mencapai tujuannya. Sekali hal ini menjadi kebiasaan, orang akan sulit keluar dari belenggu ini.
3. Dapatkan penghasilan tambahan, berhenti/kurangi berhutang, dan mulai menabung
  • Bahkan seorang milioner pun masih selalu memikirkan menambah uang. Hal ini bisa didapatkan dari pekerjaan sampingan, freelancer, atau memanfaatkan internet untuk mencari uang tambahan.
  • Hutang akan menjadi beban psikis bila orang ingin bergerak maju ke depan.
  • Sisihkan uang untuk menabung supaya bisa pergi jalan-jalan dan bersenang-senang.
4. Kurangi menonton TV dan media sosial
  • Sekali kita berhasil mengurangi waktu menonton TV dan sosial media, kita akan merasakan bagaimana hidup kita akan lebih produktif.
5. Lebih banyak membaca dan menulis (blogging)
  • Buku adalah sumber pengetahuan yang bagus dan juga menyehatkan otak kita. Satu atau dua buku dalam satu bulan sudah cukup asalkan menjadi kebiasaan.
  • Berbagi melalui tulisan tentang cerita, pengalaman, opini, gagasan, dll adalah sesuatu yang menarik dan bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Dan selalu ada manfaat tersembunyi di dalam menulis. Jadi mengapa tidak?
6. Berhenti untuk datang terlambat dalam segala hal
  • Tepat waktu adalah keutamaan yang sangat dihargai dan sekaligus menjadi tanda profesional sejati, orang yang yang dapat diandalkan dan perhatian.
7. Bepergian jauh untuk melihat dunia
  • Melihat dan mengalami budaya yang berbeda-beda dan mengunjungi tempat-tempat yang jauh meskipun dengan budget yang ketat adalah ide bagus untuk menambah wawasan, pengalaman, dan pemahaman kita tentang dunia dan isinya.
8. Belajar bahasa asing baru
  • Menambah kemampuan bahasa asing baru akan menaikkan kemampuan komunikasi kita dan sekaligus meningkatkan nilai kita di dalam resume dan sekaligus membuka berbagai potensi peluang dalam hidup.
9. Mengurangi berat badan, olah raga teratur, berhenti merokok, berhenti minum alkohol, dan makan makanan sehat dan mengurangi makan secara keseluruhan
  • Mengurangi berat badan adalah resolusi sepertiga populasi manusia yang ingin dicapai dan dikombinasi dengan olah raga dan hidup tetap fit dan sehat. Banyak program olah raga dan diet yang mudah dilakukan, tetapi tidak mudah menemukan program yang cocok memberikan hasil yang stabil dan dalam jangka panjang.
  • Selain itu, merokok adalah kebiasaan buruk yang membahayakan kesehatan dan sekaligus membakar uang di dompet.
10 Mengurangi stress, belajar hidup lebih bahagia, memiliki tidur yang lebih berkualitas
  • Stress adalah pembunuh terbesar manusia dan hal yang sangat destruktif dalam hubungan antar manusia maupun dalam kesehatan jasmani. Mungkin saja ini adalah efek samping dari gaya hidup modern yang sibuk. Bahkan orang-orang yang memiliki hidup yang mewah dan memiliki sedikit stress bisa tidak bahagia. Perlu waktu dan sabar untuk belajar menemukan kegembiraan dalam hal-hal kecil dan tidak membiarkan masalah membuat kita stress.
  • TV, komputer, smartphones, tablets, dan berbagai macam gadget adalah hambatan manusia modern untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Orang sekarang selalu berburu untuk dapat tidur nyaman setidaknya selama 8 jam sehari.
11. Mengubah hobby menjadi uang
  • Bila kita berhasil menghasilkan uang dengan melakukan apa yang kita sukai, hidup akan lebih seimbang dan menyenangkan.
12. Bertemu/berkenalan dengan orang baru dan lebih bersosialisasi
  • Bertemu/berkenalan dengan orang baru bisa sangat bermanfaat untuk kesehatan psikis dan bisa membantu karir, bisnis, dll. Selain itu juga bisa mengembangkan skill leadership dan bagaimana belajar bekerja sama dalam tim.
13. Belajar mengendalikan emosi
  • Kemarahan yang tak terkontrol bisa menyulitkan kita, namun hal-hal seperti kecemburuan/iri-hati dan kesombongan/kebanggan sangatlah merusak dalam semua keadaan. Kemampuan mengendalikan berbagai macam perasaan akan membuat kita satu level di depan dan selalu berpikir rasional, bahkan ketika dalam situasi konflik yang emosional.
14. Tidak menyalahkan orang lain dan lebih bertanggungjawab
  • Salah satu tanda kematangan adalah kemampuan berpikir sebelum mengambil keputusan. Sangatlah penting untuk bertanggungjawab atas suatu keputusan dan tindakan sendiri dan berhenti menyalahkan orang lain.
15. Lebih rapi mengatur ruang/tempat dan waktu
  • Meja yang penuh barang yang berserakan dan ruang yang berantakan akan berdampak buruk pada produktivitas, kreativitas, dan bahkan pada mood kita. Jadi aturlah ruangan menjadi lebih rapi dan lebih bersih sehingga membawa kehidupan yang lebih teratur dan menyenangkan.
  • Tidak peduli berapa banyak waktu yang kita punyai bila kita tidak dapat mengaturnya dengan baik kita akan memboroskan waktu tanpa tujuan yang jelas. Bila kita mengatur waktu dengan baik, kita akan punya banyak waktu luang dan banyak hal yang sesuai dengan jadwalnya.

Baca juga:

Comments

Popular posts from this blog

10 Pepatah Jawa Kuno Untuk Menjalani Hidup Yang Semakin Kompleks

Kumohon Ya Tuhan MB 218