Pidato J.K. Rowling Yang Inspiratif di Acara Wisuda Lulusan Harvard 2008

Presiden Faust, para anggota Harvard Corporation dan Dewan Pengawas, para dosen, para orang tua yang berbangga, dan, terutama, para lulusan baru.

Hal pertama yang saya ingin katakan adalah 'terima kasih.' Tidak hanya karena Harvard telah memberi saya suatu kehormatan yang luar biasa, tetapi juga minggu-minggu yang penuh ketakutan dan mual-mual yang saya tahan di dalam pikiran karena memberikan pidato wisuda ini membuat berat badan saya turun. Suatu situasi win-win! Sekarang yang harus saya lakukan adalah mengambil napas dalam-dalam, melirik pada spanduk-spanduk merah itu dan meyakinkan diri sendiri bahwa saya sedang berada di reuni Gryffindor terbesar dunia.

Menyampaikan pidato wisuda adalah tanggung jawab besar; kira-kira saya berpikir memutar pikiran saya kembali ke wisuda saya sendiri. Pemberi pidato wisuda saat itu adalah filsuf Inggris yang sangat terkemuka Baroness Mary Warnock. Merefleksikan pidatonya sangatlah membantu saya dalam menulis pidato ini..., karena ternyata saya tidak ingat satu pun dari kata-katanya. Penemuan yang mencerahkan ini mendorong saya untuk terus maju tanpa takut bahwa saya mungkin tidak sengaja mempengaruhi Anda untuk meninggalkan karir-karir yang menjanjikan dalam bisnis, hukum atau politik demi kenyamanan sensasional dengan menjadi gay wizard (J.K. Rowling mengacu gay wizard sebagai Albus Dumbledore, atau sebagai capaian tertinggi dalam bidangnya).

Anda tahu? Jika semua yang Anda ingat di tahun-tahun mendatang adalah lelucon tentang 'gay wizard', Saya akan menghadap ke depan Baroness Mary Warnock. Tujuan dapat dicapai: langkah pertama untuk perbaikan diri.

Sebenarnya, saya telah didera dalam pikiran dan hati saya atas apa yang harus saya katakan kepada Anda hari ini. Saya telah bertanya pada diri sendiri apa yang saya harapkan pada wisuda saya sendiri, dan pelajaran penting apa yang saya pelajari dalam 21 tahun yang telah berakhir antara hari itu dan hari ini.

Saya sudah memiliki dua jawaban. Pada hari yang indah ini ketika kita berkumpul bersama untuk merayakan keberhasilan akademis Anda, saya telah memutuskan untuk berbicara dengan Anda tentang manfaat kegagalan. Dan karena Anda berdiri pada ambang apa yang kadang-kadang disebut 'kehidupan nyata', saya ingin menekankan sangat pentingnya imajinasi.

Ini mungkin tampak sebagai pilihan idealistis atau paradoksal, tapi tolong tahan dulu bersama saya.

Menengok kembali pada usia 21 tahun ketika saya di wisuda, adalah pengalaman yang sedikit tidak nyaman karena baru pada usia 42 tahun ketika dia (saya) menjadi (berhasil). Setengah dari hidup saya yang lalu, saya sangat terlihat adanya kegelisahan antara ambisi yang saya punyai untuk diri sendiri, dan apa yang diharapkan oleh orang-orang terdekat saya.

Saya yakin bahwa satu-satunya hal yang ingin saya lakukan, selalu, adalah menulis novel. Namun, orang tua saya, keduanya berasal dari latar belakang miskin dan tak satu pun telah kuliah, mengambil pandangan bahwa imajinasi yang terlalu aktif saya adalah permainan kata-kata pribadi yang lucu yang tidak akan pernah bisa untuk membayar cicilan rumah, atau mengamankan pensiun. Saya tahu bahwa ini adalah ironi sekarang (J.K. Rowling menggunakan kalimat kiasan yang terjemahan literalnya agak sulit, tetapi maknanya kurang lebih seperti itu).

Jadi mereka berharap bahwa saya akan mengambil gelar kejuruan; Saya ingin belajar Sastra Inggris. Suatu kompromi dicapai bahwa dalam retrospeksi tak bisa memuaskan siapapun, dan Saya pergi untuk belajar Bahasa Modern. Mobil orang tua saya hampir belum mengitari sudut di ujung jalan ketika saya menyingkirkan bahasa Jerman dan bergegas menuruni koridor (fakultas) Classics.

Saya tidak ingat mengatakan kepada orang tua saya bahwa saya sedang belajar Classics; mereka mungkin mengetahui untuk pertama kalinya pada hari wisuda. Dari semua mata pelajaran yang ada di planet ini, saya pikir akan sulit untuk menyebutkan satu mata pelajaran yang kurang berguna dibanding mitologi Yunani karena akan mengantarkan jenis pekerjaan-pekerjaan rendahan yang tidak prestisius (J.K. Rowling menggunakan kalimat sastra dengan kiasan yang terjemahan literalnya sulit tetapi maknanya kurang lebih adalah seperti itu).

Saya ingin membuatnya jelas, dalam tanda kurung, bahwa saya tidak menyalahkan orang tua saya karena sudut pandang mereka. Ada tanggal kadaluwarsanya ketika menyalahkan orang tua Anda karena mengarahkan Anda ke arah yang salah; saatnya Anda cukup tua nanti untuk mengambil kemudi, tanggung jawab terletak pada Anda. Lainnya, saya tidak bisa mengkritik orang tua saya karena berharap bahwa saya tidak akan mengalami kemiskinan. Mereka sendiri telah menjadi orang miskin, dan saya telah miskin sejak saat itu, dan saya sangat setuju dengan mereka bahwa itu bukanlah pengalaman yang mulia. Kemiskinan melibatkan rasa takut, dan terkadang stres, dan kadang-kadang depresi; itu berarti seribu penghinaan kecil dan penderitaan. Memanjat keluar dari kemiskinan dengan usaha Anda sendiri, itulah sesungguhnya sesuatu yang membanggakan diri sendiri, tetapi kemiskinan itu sendiri romantis hanya dengan orang-orang bodoh.

Yang paling kutakutkan untuk diri saya sendiri pada usia Anda bukanlah kemiskinan, tetapi kegagalan.

Pada usia seperti Anda, terlepas dari kurangnya motivasi di universitas, di mana saya telah menghabiskan waktu terlalu lama di bar kopi dengan menulis cerita, dan terlalu sedikit waktu mengikuti kuliah, saya punya bakat untuk lulus ujian, dan bahwa, selama bertahun-tahun , telah menjadi ukuran keberhasilan dalam hidup saya dan rekan-rekan saya.

Saya tidak cukup bodoh untuk menganggap bahwa karena Anda masih muda, berbakat dan berpendidikan baik, Anda tidak pernah tahu penderitaan atau patah hati. Bakat dan kecerdasan belum pernah dikaitkan dengan perubahan mendadak pada orang-orang yang beruntung, dan saya sementara tidak menganggap bahwa semua orang di sini telah menikmati kepuasan dan adanya privilege yang tenang.

Namun, fakta bahwa Anda lulus dari Harvard menunjukkan bahwa Anda tidak mengenal dengan baik tentang kegagalan. Anda mungkin didorong oleh rasa takut akan kegagalan sebanyak keinginan untuk sukses. Memang, konsepsi Anda tentang kegagalan mungkin tidak terlalu jauh dari ide rata-rata orang sukses, begitu tinggi menerbangkan Anda.

Pada akhirnya, kita semua harus memutuskan untuk diri kita sendiri apa yang merupakan kegagalan, tetapi dunia ini cukup bersemangat untuk memberikan seperangkat kriteria jika Anda membiarkannya. Jadi saya pikir itu adil untuk mengatakan bahwa dengan ukuran konvensional apapun, hanya tujuh tahun setelah hari kelulusan saya, saya telah gagal dalam skala yang epik (besar sekali). Pernikahan yang sangat singkat sudah pecah, dan saya menjadi pengangguran, orang tua tunggal, dan miskin semiskin mungkin untuk berada di Inggris yang modern, tanpa menjadi tunawisma. Ketakutan orang tua saya atas diri saya, dan ketakutan saya sendiri, keduanya terjadi, menurut semua ukuran standar biasa, saya adalah kegagalan terbesar yang saya tahu. [Baca juga: Kisah-kisah kegagalam Steve Jobs dalam pidato di acara wisuda Stanford University]


Sekarang, saya tidak akan berdiri di sini dan memberitahu Anda bahwa kegagalan adalah menyenangkan. Periode itu dalam hidup saya adalah periode gelap, dan saya tidak tahu bahwa akan menjadi apa yang direpresentasikan oleh pers sebagai semacam resolusi dongeng peri. Saya tidak tahu lagi seberapa jauh panjangnya terowongan itu, dan untuk waktu yang lama, cahaya apapun di ujung itu adalah suatu harapan dibanding dengan kenyataan. [Baca juga: Kegagalan adalah kunci untuk sukses?]

Jadi mengapa saya berbicara tentang manfaat kegagalan? Sederhananya karena kegagalan berarti melucuti hal-hal yang tidak penting. Saya berhenti berpura-pura kepada diri sendiri bahwa saya adalah apapun selain apa saya adanya, dan mulai mengarahkan semua energi saya untuk menyelesaikan satu-satunya pekerjaan yang berarti bagi saya. Andaikan saya benar-benar berhasil di hal yang lain, saya mungkin tidak akan pernah menemukan tekad untuk berhasil dalam satu arena yang saya percaya benar-benar menjadi milik saya. Saya terbebaskan, karena ketakutan terbesar saya telah tersadari, dan saya masih hidup, dan saya masih memiliki seorang putri yang saya kagumi, dan saya punya mesin ketik tua dan ide besar. Dan begitulah dasar batu karang menjadi landasan yang kuat dimana saya membangun kembali hidup saya.

Anda mungkin tidak pernah gagal dengan skala yang saya miliki, tetapi beberapa kegagalan dalam hidup tidak bisa dihindari. Tidak mungkin untuk hidup tanpa gagal pada sesuatu, kecuali Anda hidup dengan sangat hati-hati sehingga Anda mungkin juga tidak hidup sama sekali - dalam hal ini, Anda gagal secara default.

Kegagalan memberi saya keamanan batin yang belum pernah dicapai dengan lulus ujian. Kegagalan mengajarkan saya hal-hal tentang diri sendiri bahwa saya telah belajar, tidak ada cara lain. Saya menemukan bahwa saya memiliki kemauan yang kuat, dan lebih disiplin daripada yang saya duga; Saya juga menemukan bahwa saya memiliki teman-teman yang nilainya adalah benar-benar di atas harga batu rubi.

Pengetahuan yang telah membuat Anda lebih bijaksana dan lebih kuat dibandingkan kemunduran berarti bahwa Anda, selamanya, aman dalam kemampuan Anda untuk bertahan hidup. Anda tidak akan pernah benar-benar tahu tentang diri sendiri, atau kekuatan hubungan Anda, sampai keduanya diuji oleh kesulitan. Pengetahuan yang seperti itu adalah pemberian yang sejati, karena semua itu dimenangkan dengan penuh kesakitan, dan sangat berharga lebih dari kualifikasi apapun yang pernah saya dapatkan.

Jadi apabila diberi suatu pembalik waktu, saya akan mengatakan pada diri saya yang ketika berusia 21 tahun bahwa kebahagiaan pribadi terletak dengan mengetahui bahwa hidup bukanlah suatu check-list perolehan atau prestasi. Kualifikasi Anda, CV Anda, bukanlah hidup Anda, meskipun Anda akan bertemu banyak orang dengan usia saya dan yang lebih tua yang membingungkan keduanya. Hidup ini sulit, dan rumit, dan di luar kontrol total siapa pun, dan kerendahan hati untuk mengetahui yang akan mendorong Anda untuk bertahan hidup menghadapi perubahan-perubahannya.

Sekarang Anda mungkin berpikir bahwa saya memilih tema kedua, pentingnya imajinasi, karena bagian ini yang bermain dalam membangun kembali hidup saya, tapi itu tidak sepenuhnya begitu. Meskipun saya pribadi akan mempertahankan nilai cerita-cerita sebelum tidur untuk hembusan terakhir saya, saya telah belajar untuk menghargai imajinasi dalam arti yang lebih luas. Imajinasi tidak hanya kapasitas unik manusia untuk membayangkan apa yang tidak ada, dan oleh karena itu merupakan sumber dari semua penemuan dan inovasi. Dalam kapasitasnya yang paling transformatif dan mewahyukan, imajinasi adalah kekuatan yang mendorong kita untuk berempati dengan manusia yang pengalaman-pengalamannya belum pernah dibagikan.

Salah satu pengalaman formatif terbesar dalam hidup saya telah mendahului Harry Potter, meskipun itu memberi banyak informasi tentang apa yang kemudian saya tulis dalam buku-buku (Harry Potter). Wahyu ini datang dalam bentuk salah satu awal pekerjaan sehari-hari saya. Meskipun saya menulis cerita selama jam makan siang, saya membayar sewa di awal umur 20-an dengan bekerja di departemen penelitian Afrika di markas besar Amnesty International di London.

Disana di kantor kecil saya, saya membaca dengan buru-buru surat-surat yang tertulis yang diselundupkan keluar dari rezim totaliter oleh laki-laki dan perempuan yang mempertaruhkan hukuman penjara untuk menginformasikan kepada dunia luar apa yang terjadi pada mereka. Saya melihat foto-foto mereka yang telah menghilang tanpa jejak, dikirim ke Amnesty oleh keluarga dan teman-teman mereka yang putus asa. Saya membaca kesaksian korban penyiksaan dan melihat foto-foto luka-luka mereka. Saya membuka laporan saksi mata tentang ringkasan pengadilan dan eksekusi yang ditulis tangan, tentang penculikan dan pemerkosaan.

Banyak dari rekan kerja saya adalah ex-tahanan politik, orang-orang yang telah mengungsi dari rumah mereka, atau melarikan diri ke pengasingan, karena mereka memiliki keberanian untuk berbicara menentang pemerintah mereka. Para pengunjung ke kantor kami termasuk orang-orang yang datang untuk memberikan informasi, atau untuk mencoba dan mencari tahu apa yang terjadi kepada orang-orang yang mereka tinggalkan.

Saya tidak akan pernah melupakan korban penyiksaan Afrika, seorang pemuda, tidak lebih tua dari saya pada saat itu, yang telah menjadi sakit jiwa setelah semua yang telah dilaluinya di tanah airnya. Dia gemetar tak terkendali saat ia berbicara ke kamera video tentang kebrutalan yang dijatuhkan kepadanya. Dia satu kaki lebih tinggi dari saya, dan tampak serapuh anak kecil. Saya diberi tugas mengawal dia kembali ke Stasiun Bawah Tanah setelah itu, dan orang ini yang hidupnya telah hancur oleh kekejaman memegang tangan saya dengan kesopanan yang indah, dan mendoakan saya kebahagiaan di masa depan.

Dan selama saya hidup saya akan mengingat berjalan di sepanjang koridor kosong dan tiba-tiba mendengar, dari balik pintu yang tertutup, jeritan kesakitan dan ketakutan yang tidak pernah dengar sejak itu. Pintu terbuka, dan si peneliti menyembulkan kepalanya dan mengatakan kepada saya untuk menjalankan dan membuat minuman panas untuk laki-laki yang sedang duduk bersamanya. Dia baru saja harus memberinya kabar bahwa pembalasan karena bicara secara terbuka terhadap rezim negaranya, ibunya telah ditangkap dan dieksekusi.

Setiap hari kerja saya di awal usia 20-an, saya teringat betapa beruntungnya saya, karena tinggal di negara dengan pemerintah yang terpilih secara demokratis, di mana perwakilan hukum dan pengadilan yang terbuka adalah hak setiap orang.

Setiap hari, saya melihat lebih banyak bukti tentang kejahatan-kejahatan manusia akan timbul pada sesama manusia, untuk mendapatkan atau mempertahankan kekuasaan. Saya mulai mengalami mimpi buruk, mimpi buruk secara harafiah, tentang beberapa hal yang saya lihat, dengar, dan baca.

Namun saya juga belajar banyak tentang kebaikan manusia di Amnesty International dari yang pernah saya ketahui sebelumnya.

Amnesty memobilisasi ribuan orang yang tidak pernah disiksa atau dipenjara karena keyakinan mereka untuk bertindak atas nama mereka yang pernah disiksa dan dipenjara. Kekuatan empati manusia, yang mengarah ke tindakan kolektif, menyelamatkan nyawa, dan membebaskan tahanan. Orang-orang biasa, yang kesejahteraan dan keamanan pribadinya terjamin, bergabung bersama dalam jumlah besar untuk menyelamatkan orang-orang yang mereka tidak kenal, dan tidak akan pernah bertemu. Partisipasi kecil saya dalam proses itu adalah salah satu pengalaman yang paling merendahkan-hati dan inspiratif dari hidup saya.

Tidak seperti makhluk lain di planet ini, manusia dapat belajar dan memahami, tanpa harus mengalami. Mereka bisa memikirkan diri mereka sebagai orang lain.

Tentu saja, ini adalah kekuatan, seperti merek saya tentang sihir fiksi, yang secara moral netral. Orang mungkin menggunakan kemampuan seperti itu untuk memanipulasi, atau mengontrol, seperti halnya untuk memahami atau bersimpati.

Dan banyak orang memilih untuk tidak melatih imajinasi mereka sama sekali. Mereka memilih untuk tetap nyaman dalam batas-batas pengalaman mereka sendiri, tidak pernah terganggu untuk bertanya-tanya bagaimana rasanya terlahirkan menjadi orang lain. Mereka dapat menolak untuk mendengar jeritan atau mengintip ke dalam kandang; mereka dapat menutup pikiran dan hati mereka untuk setiap penderitaan yang tidak menyentuh mereka secara pribadi; mereka dapat menolak untuk mengetahui.

Saya mungkin akan tergoda untuk cemburu terhadap orang-orang yang bisa hidup seperti itu, kecuali bahwa saya tidak berpikir bahwa mereka memiliki mimpi buruk yang lebih sedikit daripada yang saya miliki. Memilih untuk hidup di ruang yang sempit mengarah ke bentuk agoraphobia mental, dan itu membawa terornya sendiri. Saya pikir orang-orang yang sengaja tak-imajinatif melihat lebih banyak monster. Mereka sering lebih takut.

Yang lain lagi, mereka yang memilih untuk tidak berempati menghidupkan monster yang sebenarnya. Karena tanpa pernah melakukan tindakan terhadap kejahatan langsung pada diri kita sendiri, kita berkolusi dengannya, melalui sikap apatis kita sendiri.

Salah satu dari banyak hal yang saya pelajari di ujung koridor Classics di bawah dimana saya memberanikan diri pada usia 18, mencari sesuatu yang kemudian tidak bisa saya definisikan..., apakah ini..., yang ditulis oleh penulis Yunani Plutarch: Apa yang kita capai di dalam (diri) akan mengubah realitas di luar.

Itu adalah pernyataan yang mengejutkan dan namun terbukti seribu kali setiap hari dalam kehidupan kita. Ia mengungkapkan, sebagian, koneksi yang tak terhindarkan kita dengan dunia luar, fakta bahwa kita menyentuh kehidupan orang lain hanya dengan ber-"ada" saja.

Tapi berapa banyak Anda, lulusan Harvard tahun 2008, kemungkinan untuk menyentuh hidup orang lain? Kecerdasan Anda, kapasitas Anda untuk kerja keras, pendidikan yang telah Anda dapatkan dan terima, memberikan status yang unik, dan tanggung jawab yang unik. Bahkan kebangsaan Anda memisahkan Anda. Sebagian besar dari Anda milik negara adidaya di dunia. Cara Anda memilih, cara Anda hidup, cara Anda protes, tekanan yang Anda bawa untuk menanggung pemerintah Anda, memiliki cara yang berdampak melebihi batas-batas Anda. Itu adalah privilege Anda, dan beban Anda.

Jika Anda memilih untuk menggunakan status dan pengaruh untuk Anda meningkatkan suara Anda atas nama orang-orang yang tidak memiliki suara; jika Anda memilih untuk mengidentifikasi tidak hanya dengan mereka yang kuat, tetapi juga dengan yang tak berdaya; jika Anda mempertahankan kemampuan untuk membayangkan diri Anda ke dalam kehidupan orang-orang yang tidak memiliki kelebihan Anda, maka tidak hanya keluarga Anda yang bangga yang akan merayakan keberadaan Anda, tetapi ribuan dan jutaan orang yang hidupnya Anda telah bantu berubah. Kita tidak perlu sihir untuk mengubah dunia, kita membawa semua kekuatan yang kita butuhkan yang sudah ada dalam diri kita: kita memiliki kekuatan untuk membayangkan yang lebih baik.

Saya hampir selesai. Saya punya satu harapan terakhir untuk Anda, yang merupakan sesuatu yang sudah saya miliki di usia 21. Teman-teman saya dimana saya duduk bersama di hari wisuda telah menjadi teman-teman saya dalam hidup. Mereka adalah wali baptis anak saya, orang-orang yang kepada merekalah saya mampu mengubah masa-masa sulit, orang-orang yang telah berbaik hati untuk tidak menuntut saya ketika saya mengambil nama-nama mereka untuk Death Eaters. Pada hari wisuda kami, kami diikat oleh rasa kasih sayang yang sangat besar, oleh pengalaman waktu kita bersama yang tidak pernah bisa datang lagi, dan, tentu saja, dengan pengetahuan bahwa kami memegang bukti foto tertentu yang akan sangat berharga jika salah satu dari kami mencalonkan diri sebagai Perdana Menteri.

Jadi hari ini, saya tidak berharap apa-apa dari Anda selain persahabatan yang serupa. Dan nanti, saya berharap bahwa sekalipun jika Anda tidak ingat satu kata pun dari saya, Anda ingat kata-kata dari Seneca (filsuf yunani yang tinggal di kerajaan romawi sebagai penasehat kaisar), salah satu dari orang-orang Roma tua yang saya temukan ketika saya lari menyusuri koridor Classics, mundur dari tangga karir, mencari kebijaksanaan kuno:
"Seperti suatu dongeng, begitulah hidup: bukan tentang berapa lamanya, tapi seberapa baik hidup ini, inilah yang penting".

Saya ucapkan kehidupan yang sangat baik bagi Anda semua. 
Terima kasih banyak.

Pidato J.K. Rowling di Acara Wisuda Harvard 2008

catatan kecil:
  • diambil dari transkrip pidato J.K. Rowling pada acara wisuda lulusan Harvard 2008
  • terjemahan mungkin tidak 100% akurat tetapi kira-kira mendekati. Bisa mendengarkan langsung pidato di versi youtube di atas
Post artikel terkait:

Comments

Popular posts from this blog

10 Pepatah Jawa Kuno Untuk Menjalani Hidup Yang Semakin Kompleks

Kumohon Ya Tuhan MB 218