Skip to main content

Peringkat Universitas Teratas Dunia - Asia - Indonesia Versi QS Top Universities

Hari selasa lalu (14/06/2016) QS Top Universities meneluarkan rilis terbaru tentang daftar peringkat universitas-universitas terbaik di seluruh dunia. Tujuan utama dari QS membuat peringkat adalah untuk membantu para siswa membuat perbandingan informasi dari universitas-universitas terkemuka di seluruh dunia. Berdasarkan enam indikator kinerja, pemeringkatan dirancang untuk menilai perguruan tinggi di empat bidang: penelitian, pengajaran, employabilitas (kemampuan berkinerja) dan internasionalisasi. [Baca juga: Panduan Memilih Universitas di Indonesia bagi Para Calon Mahasiswa]

Masing-masing dari enam indikator memiliki bobot yang berbeda dalam menghitung skor keseluruhan (lihat deskripsi di bagian bawah). Empat indikator didasarkan pada data 'aktual', dan dua sisanya didasarkan pada survei global - satu dari akademisi dan satunya dari employer.
10 Universitas Peringkat Atas Dunia Versi QS Top Universities

10 Universitas Peringkat Atas Asia Versi QS Top Universities



Universitas di Indonesia Yang Masuk Daftar QS Top Universities

Metodologi yang digunakan oleh QS Top Universities:

1. Reputasi Akademik (40%)

Reputasi akademik diukur dengan menggunakan survei global, di mana para akademisi diminta untuk mengidentifikasi lembaga mana yang mereka percaya karya terbaik berada saat ini dalam bidang keahlian mereka. Tujuannya adalah untuk memberikan calon mahasiswa opini berdasarkan konsensus dalam komunitas akademik internasional.

Untuk edisi 2015/16, mengambil sedikit kurang dari 76.800 respon dari akademisi di seluruh dunia, yang disusun selama periode lima tahun. Hanya respon terbaru yang digunakan, dan mereka tidak bisa memilih institusi mereka sendiri. Pembobotan regional diterapkan disini untuk mengatasi perbedaan angka respon.

2. Reputasi Employer (10%)

Indikator reputasi employer juga berdasarkan survei global, mengambil di lebih dari 44.200 respon untuk edisi 2015/16. Survei ini menanyakan para empolyer untuk mengidentifikasi perguruan tinggi yang mereka anggap akan menghasilkan lulusan terbaik. Indikator ini adalah unik di antara peringkat universitas internasional.

Tujuan dari survei employer ini adalah untuk memberikan siswa pengetahuan yang lebih baik tentang bagaimana universitas dilihat di pasar kerja lulusan. Bobot yang lebih tinggi diberikan pada vote untuk perguruan tinggi yang berasal dari luar negera mereka sendiri, sehingga indikator ini sangat berguna bagi calon mahasiswa yang ingin mengidentifikasi perguruan tinggi ber-reputasi di luar negara negara mereka.

3. Rasio mahasiswa-fakultas rasio (20%)

Ini adalah pengukuran sederhana perbandingan antara jumlah staf akademik dan jumlah siswa yang terdaftar. Dengan tidak adanya standar internasional yang digunakan untuk mengukur kualitas pengajaran, indikator ini bertujuan untuk mengidentifikasi perguruan tinggi yang terbaik yang mampu menyediakan ukuran kelas kecil dan level supervisi individu yang baik.

4. Kutipan (Citations) per fakultas (20%)

Indikator ini bertujuan untuk menilai dampak penelitian universitas. 'Kutipan' berarti bagian dari penelitian yang dikutip (diacu) dalam sepotong penelitian. Umumnya, semakin sering penelitian dikutip, semakin berpengaruh penelitian itu. Jadi makalah penelitian yang diterbitkan universitas makin banyak dikuti, hasil penelitian tersebut dianggap semakin kuat.

QS mengumpulkan informasi ini menggunakan Scopus, database abstrak dan kutipan terbesar di dunia. Data lima tahun terakhir digunakan untuk ini, dan jumlah kutipan total dinilai dalam kaitannya dengan jumlah anggota fakultas akademik di universitas, sehingga lembaga yang lebih besar tidak akan menikmatii keuntungan yang tidak adil.

Untuk edisi 2015/16 Peringkat Universitas Dunia QS, beberapa perbaikan diterapkan pada ke penilaian indikator ini, dengan tujuan untuk memberikan refleksi yang lebih seimbang dari dampak penelitian di area fakultas yang berbeda. Kita bisa mengetahui lebih lanjut tentang perbaikan tersebut di sini.

5 & 6. Rasio anggota fakultas (dosen) internasional (5%) & rasio mahasiswa internasional (5%)

Dua indikator terakhir bertujuan untuk menilai seberapa sukses suatu universitas dalam menarik mahasiswa dan akademisi dari negara-negara lain. Hal ini didasarkan pada proporsi mahasiswa internasional dan anggota fakultas (dosen) di institusi tersebut. Masing-masing indikator ini memberikan kontribusi 5% terhadap hasil peringkat keseluruhan.

Karena Peringkat Universitas Dunia QS pertama kali dikembangkan pada tahun 2004, mereka telah memperluas peringkat hingga lebih dari 800 universitas, dengan ribuan lainnya dinilai setiap tahun. 400 universitas teratas diberikan posisi peringkat individual, dan sisanya adalah peringkat dalam kelompok - mulai 401-410, hingga 701+. Hasilnya diterbitkan dalam tabel peringkat interaktif, yang dapat diurutkan berdasarkan negara / wilayah dan masing-masing dari enam indikator kinerja yang tercantum di atas.

Di samping Peringkat Universitas Dunia QS secara keseluruhan, Peringkat Universitas Dunia QS berdasarkan fakultas di-publish pada tanggal rilis yang sama. Ini memberikan peringkat pada 400 universitas teratas dunia di lima wilayah fakultas: seni & humaniora, teknik & teknologi, ilmu pengetahuan & kedokteran, ilmu alam, dan ilmu sosial & manajemen. Pemeringkatan ini disusun menggunakan survei akademik dan employer, serta data kutipan penelitian.

Statistik data survey QS 2016 di seluruh dunia

Post artikel terkait:

Comments

Popular posts from this blog

10 Pepatah Jawa Kuno Untuk Menjalani Hidup Yang Semakin Kompleks

Lihatlah ke langit. Kau tidak akan pernah melihat pelangi. Jika kau menatap kebawah ~Charlie Chaplin~ Di jaman sekarang, hidup terasa berjalan sangat cepat dan kompleks. Pekembangan teknologi yang semakin lama semakin cepat mendorong perubahan banyak hal bagi manusia dalam menjalani hidup. Di dalam pekerjaan, di dalam pendidikan, dalam komunikasi satu sama lain, dalam berbagi informasi di media sosial, dalam menjalin relasi satu sama lain baik secara nyata maupun virtual, dan sebagainya, semuanya bergerak menjadi semakin kompleks. Orang menjadi mudah hanyut dalam kerumitan berbagi informasi yang menyesatkan di media sosial. Yang lain lagi, banyak orang juga menjadi mudah cemas, khawatir, dan takut karena banyaknya kepalsuan hubungan antar manusia, penyesatan informasi, penurunan moral, penurunan cara komunikasi dan sopan santun. Pejabat dan politisi banyak yang korupsi dan menyalahgunakan wewenang. Anak-anak muda banyak membuat kerusuhan. Narkoba merajalela. Terorisme tum

Surat Kartini Kepada Stella Zeehandelaar

“Pada awalnya Anda makan opium, tetapi pada akhirnya opium itu akan memakanmu.” ~dicuplik dari Surat Kartini Kepada Stella Zeehandelaar~ --o0o-- Untuk: Stella Zeehalendaar Japara, 25 May 1899 Saya merindukan untuk berkenalan dengan seorang “gadis modern,” gadis yang bangga, merdeka, yang merebut sympathi saya. Gadis yang bahagia dan mandiri, melangkah dengan ringan dan penuh waspada dalam kehidupannya, penuh dengan antusiasme dan perasaan yang hangat, pekerjaannya bukan hanya untuk kesejahtaraannya sendiri, tetapi untuk kebaikan seluruh umat manusia. Saya berseri-seri dengan antusiasme terhadap era baru yang telah datang, dan benar-benar dapat mengatakan bahwa dalam pikiran dan simpati saya Saya bukan milik dunia Hindia, tetapi milik saudara saudara perempuan saya yang putih yang berjuang untuk maju jauh di Barat.  Jika hukum negeri saya mengijinkan, tidak ada yang saya ingin lakukan selain memberikan diri sepenuhnya kepada usaha dan perjuangan

Maktub - Itu Sudah Tertulis

Maktub: artinya, sudah tertulis. Ini adalah salah satu misteri paradox terbesar dalam kehidupan manusia. Untuk memahaminya kita perlu memahami "sifat dasar waktu". Ada banyak misteri tersembunyi dalam konsep tentang "waktu".