Kiddle.co - Googlenya Anak-anak (Updated)

Update untuk posting ini ditambahkan di bagian catatan kaki di bagian bawah (tentang kaitan antara kiddle dan google, dan cara kerja kiddle).

--o0o--
Seorang ibu muda berkata pada seorang perawat di rumah sakit bersalin:
- Saya pikir nanti saya akan memberi nama bayi kecil saya Dewi
Dokter:
- Maaf, nama itu sudah ada yang menggunakan, tetapi Anda bisa menggunakan nama lain Dewi123 atau Dewi234.
--o0o-- 
Untuk ibu-ibu jangan khawatir. Lelucon pendek di atas hanya ada di internet, bukan di dunia nyata :)

Sekarang Google sudah punya anak*) namanya: www.kiddle.co  - mesin pencari khusus anak. Jadi anak bisa browsing dengan aman tanpa gangguan spams & konten dewasa.  Jadikan ini sebagai homepage jika punya anak yang suka browsing.  Good one from Google! 👍 *). 

Info penting buat orangtua,  gamenya asyik asyik disana, referensi-referensi sejarah dan pengetahuan lain juga asyik mudah dibaca dan mudah dimengerti oleh anak anak. Berbeda dengan via google yang didominasi oleh referensi dewasa dan bahasa dewasa sehingga menyebabkan anak anak banyak gagal paham.

Rekan-rekan orang tua, mohon info di atas di-share ke grup-grup atau kelompok yang lain. Mohon diingat juga seperti halnya yang dituliskan di Panduan Bermedia di Keping, bahwa sangat dianjurkan anak-anak tidak diberi gadget pribadi sebelum menginjak jenjang SMP. Kemudian juga mengingatkan untuk selalu mendampingi anak-anak saat mengeksplorasi internet.


*) Catatan kaki:
Secara resmi ini (kiddle) bukanlah produk dari google, tetapi proyek ini di danai dan didukung oleh google dan juga memanfaatkan teknologi dari google safe search sebagai engine dasarnya. Website ini (kiddle) mulai terdaftar pada tahun 2014 (dan meskipun didukung oleh goole search engine tetapi tidak terkoneksi ke perusahaan raksasa teknologi tersebut).

Cara kerja kiddle: Bila seorang anak mengetik sesuatu di search engine kiddle.co, tiga hasil pencarian teratas adalah situs-situs yang aman yang secara khusus ditujukan untuk anak-anak, yang ditampilkan dan di-cek oleh para editor di kiddle. Hasil pencarian berikutnya ke-empat hingga ke-tujuh adalah situs-situs yang kontennya ditulis dalam bahasa yang sederhana, dan juga ditampilkan berdasarkan filter oleh para editor. Dan berikutnya, hasil pencarian berikutnya ke-delapan dan seterusnya adalah situs-situs yang di filter oleh Google safe search.

Kiddle mengatakan bahwa websitenya menyaring konten yang explisit dan menyesatkan. Sayangnya, kriteria penilaian tentang apa yang baik dan buruk masih agak diragukan. Contohnya, brand pakaian dalam terkenal Victoria's Secret sudah disaring dari kiddle tetapi film Fifty Shades of Grey, dan keyword "suicide" masih diloloskan, dan "keyword sex education juga sudah di-blok (thejakartapost.com). Memang sulit menentukan penilaian misalnya kata "Sex Education" apakah harus di blok atau tidak, karena di dalamnya mengandung konten pendidikan yang tentu memiliki manfaat juga.

Baca juga tentang 'Pendidikan':

Pertunjukan Seni di Ubud - Bali

Comments

Popular posts from this blog

10 Pepatah Jawa Kuno Untuk Menjalani Hidup Yang Semakin Kompleks

Kumohon Ya Tuhan MB 218