Tiga Tes dari Socrates tentang Gosip

Gua Pindul Yogyakarta
Di jaman Yunani kuno (470-399 SM), Socrates dikagumi secara luas karena kebijaksanaannya. [Baca juga: Socrates dan Pengajarannya]

Suatu hari filsuf besar itu mendatangi seorang kenalan, yang tanpa sengaja bertemu tiba-tiba di jalan, karena ia juga sedang menuju ke arahnya, dan dengan penuh semangat dan dia berkata, "Socrates, apakah engkau tahu apa yang baru saja saya dengar tentang salah satu muridmu?"

"Tunggu sebentar," jawab Socrates. "Sebelum kau katakan padaku, Saya ingin engkau lulus tes kecil ini. Ini disebut Tes Tiga."

"Tes Tiga?"

"Ya benar," kata Socrates. "Sebelum engkau berbicara kepada saya tentang murid saya mari kita luangkan waktu untuk menguji apa yang akan engkau katakan.


Tes pertama adalah tentang Kebenaran. Apakah engkau benar-benar yakin bahwa apa yang akan engkau ceritakan itu benar? "

"Tidak," jawab orang itu, "sebenarnya saya hanya mendengar tentang hal itu."

"Ok baiklah," kata Socrates. "Jadi engkau tidak benar-benar tahu apakah itu sesuatu yang benar atau tidak.

Sekarang mari kita coba tes kedua, tes tentang Kebaikan. Apakah apa yang akan engkau ceritakan tentang murid saya itu sesuatu yang baik? "

"Tidak, justru sebaliknya ..."

"Jadi," Socrates melanjutkan, "Engkau ingin mengatakan sesuatu yang buruk tentang dia meskipun engkau tidak yakin itu benar?"

Pria itu mengangkat bahu, dan sedikit malu.

Socrates melanjutkan, "Engkau mungkin masih bisa lulus karena masih ada tes ketiga - yaitu tentang Kemanfaatan/Kegunaan. Apakah apa yang ingin engkau ceritakan tentang murid saya akan bermanfaat/berguna bagi saya? "

"Tidak, saya tidak yakin…"

"Yah, baiklah kalau begitu" Socrates menyimpulkan, "jika apa yang engkau ingin katakan pada saya adalah tidak benar, atau tidak baik, atau bahkan tidak berguna, mengapa engkau akan mengatakan hal itu ke saya?"

Sebaiknya Anda juga membaca cerita berikut:

Comments

Popular posts from this blog

10 Pepatah Jawa Kuno Untuk Menjalani Hidup Yang Semakin Kompleks

Kumohon Ya Tuhan MB 218