Mari Bersikap Seperi Air: Rendah Hati (Serendah-rendahnya)

Tidak ada yang lebih lembut daripada air, juga tidak ada yang dapat mengalahkannya dalam hal menembus benda-benda keras. Yang lemah mengalahkan yang kuat, yang lembut mengalahkan yang keras. Setiap orang mengetahui hal ini, tetapi tidak ada seorang pun yang dapat menerapkannya.

Seorang yang baik itu seperti air. Air bermanfaat bagi semua, tetapi tidak dapat bersaing di dataran tinggi. Ia bergerak di daerah yang rendah di mana tidak ada seorang pun yang mengaguminya. Hal ini sama seperti orang baik tinggal di tempat yang sederhana. Ia tidak memaksakan dirinya untuk maju. Ia juga tidak berjuang untuk mencapai sesuatu. Ia adalah seorang yang tenang, tulus, setia, rajin, dan penuh perasaan. Ia mendapatkan sesuatu karena ia tahu bagaimana mengambil kesempatan dan mencapai tujuannya dengan jalan yang wajar.

Mundurlah dahulu jika kau ingin maju. Berilah terlebih dahulu jika kau ingin mengambil. Rendahkan dirimu dan tempatkanlah dirimu sendiri di bawah orang lain terlebih dahulu jika kau ingin berada di atas mereka. Jika kau ingin menjadi pemimpin orang-orang, kau harus mendahulukan kepentingan mereka di atas kepentinganmu, maka mereka akan mendukungmu tanpa merasakanbobotmu di atas punggung mereka.

Laut yang besar adalah raja dari semua aliran dan sungai-sungai karena mereka mengambil posisi yang rendah.

--o0o--

Ketika keinginan seorang pria dibatasi, akan ada kedamaian dalam pikiran. Ketika ada kedamaian di pikiran, akan ada kedamaian di dunia.

Comments

Popular posts from this blog

10 Pepatah Jawa Kuno Untuk Menjalani Hidup Yang Semakin Kompleks

Kumohon Ya Tuhan MB 218