Selamat Tahun Baru 2011 - Alam Semesta dan Pluralisme dalam Sistem Waktu

Selamat Tahun Baru 2011. Lebih tepatnya Selamat Tahun Baru 2011 menurut kalendar masehi versi gregorian. Sistem kalendar masehi gregorian ini adalah yang paling banyak digunakan di dunia atau boleh dibilang sebagai kalendar internasional saat ini. Tahun baru sistem kalendar ini, setiap 1 januari, adalah yang paling ramai dirayakan orang di seluruh dunia, baik dari negara, suku, kebudayaan, maupun agama atau sistem kepercayaan apapun.

Ada banyak sistem kalendar yang berlaku di dunia ini, antara lain, kalendar masehi versi gregorian, kalendar masehi non-gregorian, kalendar cina (tahun baru imlek), kalendar jepang, kalendar yahudi, kalendar mesir kuno, kalendar islam, kalendar jawa, kalender hindu (tahun baru saka), kalendar budha, kalendar suku maya, kalendar indian, dan lain-lain. Entah apapun sistem kalendar itu, baik dari suku, kebudayaan, maupun agama tertentu, semuanya berpedoman pada pergerakan astral benda-benda langit. Ada yang berdasarkan pergerakan bumi, bulan, matahari, maupun pergerakan benda-benda langit yang lain.

Pergerakan benda-benda langit sendiri adalah satu fakta tunggal. Bulan mengitari bumi pada orbitnya adalah satu fakta tunggal. Bumi mengitari matahari adalah fakta tunggal. Fakta tunggal pergerakan benda-benda langit ini kemudian dijadikan panduan waktu oleh berbagai macam suku, kebudayaan, agama, sebagai alat penentu waktu, yang akhirnya kita kenal sebagai sistem penanggalan atau sistem kalendar. Masing-masing sistem penanggalan memiliki cirikhas dan keunikannya sendiri-sendiri. Memiliki sudut pandangnya sendiri. Masing-masing memiliki filosofinya sendiri, memiliki konsepnya sendiri, memiliki hitungannya sendiri,  dan memiliki kebenaran relatifnya sendiri. Tidak ada yang salah dalam berbagai macam sistem kalendar itu bila kita mengenali dan memahami filosofi, konsep, hitungannya. Karena memang pergerakan benda-benda langit akan menimbulkan efek dan dampak yang berbeda-beda tergantung dari tempat atau keberadaan manusia di bumi ini.

Fakta pergerakan benda-benda langit itu adalah satu jenis saja. Namun menghasilkan berbagai macam interpretasi oleh manusia di dunia. Pluralisme waktu. Meskipun dengan fakta tunggal. Tidak ada dua atau tiga jenis pergerakan secara bersamaan oleh satu benda langit tersebut. Bahwa bumi berjalan mengitari matahari dan akan kembali ke titik semula dan demikian seterusnya adalah satu fakta tunggal. Demikian juga dengan perjalanan bulan yang mengitari bumi. Adalah fakta tunggal. Interpretasi oleh orang/suku/budaya/agama menghasilkan berbagai macam karya sistem kalendar. Pluralisme waktu. Pluralisme sistem kalendar. Tidak ada permusuhan, pertikaian, dan kehendak untuk saling mendominasi dari berbagai macam pemilik sistem kalendar tersebut. Semuanya berjalan serempak secara bersamaan dan berdampingan. Koeksistensi hidup berdampingan yang indah dan saling memperkaya berbagai macam kultur di muka bumi ini.

Beginilah satu fakta tunggal yang memiliki berbagai macam interpretasi seharusnya berlangsung. Begitulah pluralisme seharusnya berjalan tanpa kendali dan tanpa kesadaran. Sebuah contoh keagungan dan keindahan pluralisme yang dipertontonkan alam semesta kepada manusia dalam bentuk sistem kalendar. Verba movent, exampla trahunt. Kata-kata akan menggerakkan, namun teladan akan lebih menarik hati.

Selamat Tahun baru 2011.

Selamat Tahun Baru dari Berbagai Bahasa:


Afrikaans: gelukkige nuwe jaar
Albania: Gëzuar Vitin e Ri
Arab: سنة جديدة سعيدة
Armenia: Happy New Year
Azerbaijan: Yeni iliniz mübarək
Indonesia: selamat tahun baru
Basque: happy new year
Belanda: gelukkig nieuw jaar
Bulgar: Щастлива Нова година!   (Shtastliva Nova godina! )
Byelorusia: з Новым годам   (z Novym hodam )
Cek: šťastný nový rok
Dansk: godt nytår
Esti: head uut aastat
Farsi: سال نو مبارک
Galisia: feliz ano novo
Georgia: გილოცავთ ახალ წელს (gilots’avt’ akhal tsels )
Hindi: नया साल मुबारक हो ( Nayā sāla mubāraka hō )
Ibrani: שנה טובה ומבורכת
Inggris: happy new year
Irlandia: bhliain nua sásta
Islan: Gleðilegt nýtt ár
Italia: felice anno nuovo atau Buon anno
Jepang: 明けましておめでとうございます( Akemashite omedetōgozaimasu )
Jerman: glückliches neues Jahr
Katalana: feliç any nou
Korea: 새해 많이 ( saehae bog manh-I )
Kreol haiti: kontan ane nouvo
Kroat: sretna nova godina
Latin: Kalendis Ianuariis
Latvi: laimīgu Jauno gadu
Lituavi: laimingų Naujųjų metų
Magyar: Boldog új évet
Makedonia: среќна нова година ( sreḱna nova godina )
Malta: sena l-ġdida kuntenti
Mandarin: 新年快  ( Xīnnián kuàilè )
Melayu: bahagia tahun baru
Norsk: godt nytt år
Pilipino: masaya bagong taon
Polski: szczęśliwego nowego roku
Portugis: feliz ano novo
Prancis: heureuse nouvelle année
Rumania: an nou fericit
Rusia: с Новым годом  ( s Novym godom )
Serb: Срећна Нова Година ( Srećna Nova Godina )
Sloven: Srečno novo leto
Slowakia: šťastný nový rok
Spanyol: feliz año nuevo
Suomi: onnellista uutta vuotta
Swahili: heri ya mwaka mpya
Swensk: gott nytt år
Thai: สวัสดีปีใหม่   ( S̄ws̄dī pī h̄ım̀ )
Turki: mutlu yeni yıl
Ukraina: з Новим роком   ( z Novym rokom )
Urdu: نیا سال مبارک
Vietnam: chúc mừng năm mới
Wales: blwyddyn newydd dda
Yiddi: גליקלעך נייַ יאָר
Yunani: ευτυχισμένο το νέο έτος  ( ef̱tychisméno to néo étos )

Comments

Popular posts from this blog

10 Pepatah Jawa Kuno Untuk Menjalani Hidup Yang Semakin Kompleks

Kumohon Ya Tuhan MB 218