Kesombongan

Nasrudin muncul di balairung istana dengan memakai turban indah untuk meminta sumbangan.

"Kau datang ke sini minta sumbangan, tapi kau memakai turban yang sangat mahal. Berapa harga turban indah itu?" tanya Sultan.

"Ini hadiah dari orang yang sangat kaya. Kalau tidak salah, harganya lima ratus koin emas," jawab Sufi bijak tersebut.

Patih yang berada di tempat itu bergumam: "Mustahil. Tidak ada turban yang harganya semahal itu."

Nasrudin berkeras: "Aku bukan hanya datang ke sini untuk minta-minta, aku juga ingin berbisnis. Aku tahu hanya penguasa sejati yang sanggup membeli turban ini seharga enam ratus koin emas sehingga aku bisa memberikan kelebihannya pada orang miskin."

Sang Sultan tersanjung dan membayar jumlah yang Nasrudin minta. Di pintu keluar, Nasrudin berkata pada sang Patih: "Kau mungkin tahu harga sebuah turban, tapi aku tahu seberapa dahsyat dampak kesombongan manusia."

Comments

Popular posts from this blog

10 Pepatah Jawa Kuno Untuk Menjalani Hidup Yang Semakin Kompleks

Kumohon Ya Tuhan MB 218