Peringkat Popularitas Bahasa- bahasa Pemrograman

20 Bahasa Pemrograman Paling Populer
Berdasarkan TIOBE Programming Community Index per Febaruari 2018
Bagi para programmer, mahasiswa informatika, computer science, dan sekitarnya, yang mempelajari bahasa pemrograman adalah sangat penting menguasai lebih dari satu bahasa pemrograman. Jika kita sudah menguasai satu bahasa pemrograman maka akan semakin mudah belajar bahasa yang kedua. dan dengan mempelajari bahasa kedua, juga akan semakin memperkuat penguasaan kita terhadap bahasa yang pertama tadi. Dan semakin banyak menguasai bahasa pemrograman akan semakin baik. tetapi sayangnya menguasai terlalu banyak bahasa juga tidak terlalu diperlukan dan terlalu menghabiskan waktu. Jadi umumnya menguasai antara 2-5 bahasa pemrograman sudah sangat baik. Kemudian bahasa-bahasa apa saja yang seharusnya kita pilih sebagai prioritas untuk dipelajari? Masing-masing orang akan memiliki jawaban yang berbeda-beda sesuai dengan seluruh backgroundnya (minat, hobi, kesukaan, dll, dll). 
Tetapi mungkin daftar peringkat popularitas bahasa-bahasa pemrograman di atas bisa membantu bagi yang masih bingung untuk menentukan pilihan bahasa pemrograman yang akan dipelajari. 



Index peringkat ini disusun oleh TIOBE Programming Community (https://www.tiobe.com/tiobe-index/) dan dirilis sekali dalam setiap bulan. Data berikut ini adalah data per februari 2018 dan komparasi dengan bulan yang sama pada tahun sebelumnya dan fitur dinamika popularitasnya.
Java, C, dan C++ terlihat stabil sebagai bahasa relatif dianggap populer. Bagi yang ingin tahu bagaimana index popularitas ini disusun bisa membaca di: https://www.tiobe.com/tiobe-index/ dan yang ini mengetahui berapa jumlah bahasa yang di-index secara keseluruhan bisa dilihat di: https://www.tiobe.com/tiobe-index/programming-languages-definition/#instances

Index peringkat tersebut juga menunjukkan distribusi penggunaan bahasa pemrograman yang selalu berubah. Jumlah bahasa dan dinamika statistiknya menyiratkan bahwa semua programmer harus selalu siap dengan belajar bahasa lain yang berbeda.

Berikut di bawah ini adalah peringkat popularitas bahasa-bahasa pemrograman yang berada di peringkat 21-50. Bagi yang ingin belajar bahasa-bahasa pemrograman, silahkan observasi dan menimbang-nimbang bahasa pemrograman yang akan menjadi pilihan untuk dipelajari.
Peringkat 21-50 Bahasa Pemrograman Paling Populer
Berdasarkan TIOBE Programming Community

Artikel lain yang mungkin Anda suka:


Comments

Popular posts from this blog

10 Pepatah Jawa Kuno Untuk Menjalani Hidup Yang Semakin Kompleks

Kumohon Ya Tuhan MB 218