3 Bidang Ilmu Yang Akan Dipilih Bill Gates Bila Belajar Sekarang

Gambar: Bill Gates. License: Public Domain
Dalam tulisannya yang dimuat di mic.com, Bill Gates, mengirimkan pesan bagi para sarjana yang ingin mengubah dunia. Salah satu hal yang menarik dalam tulisan Gates adalah bidang apa yang akan dia pilih bila dia menekuni bidang ilmu di hari ini (jaman sekarang). Berikut adalah potongan tulisan Gates tersebut:
Para sarjana baru sering meminta saran karir kepada saya. Saya beruntung berada di awal 20-an ketika revolusi digital baru saja dimulai, dan Paul Allen dan saya memiliki kesempatan untuk ikut membantu membentuknya. (Yang menjelaskan penyebab tidak adanya gelar sarjana saya: saya meninggalkan sekolah karena kami khawatir revolusi digital akan terjadi tanpa kami.)
Bila Saya mulai lagi hari ini dan mencari peluang yang sama untuk membuat dampak yang besar bagi dunia, Saya akan mempertimbangkan tiga bidang.
  • Pertama adalah artificial intelligence (kecerdasan buatan). Kita baru saja mulai memasuki era dimana semua hal/cara yang membuat hidup manusia menjadi lebih produktif dan kreatif. [Baca juga: Pengantar Kecerdasan Buatan]
  • Kedua adalah energy, karena membuat energy yang bersih, terjangkau dan handal akan sangat penting untuk memerangi kemiskinan dan perubahan iklim.
  • Ketiga adalah biosciences, dimana sudah memasuki fase matang untuk mendapatkan peluang membantu manusia hidup lebih lama, hidup yang lebih sehat. 
Untuk tulisan Gates versi lengkap bisa dibaca disini.

Post artikel lain yang mungkin Anda suka:

Comments

Popular posts from this blog

10 Pepatah Jawa Kuno Untuk Menjalani Hidup Yang Semakin Kompleks

Kumohon Ya Tuhan MB 218