Workshop Membuat App di Android Untuk Pemula Periode 20-24 Maret 2017: Kelas kecil dan Optimal

Beberapa komentar peserta workshop membuat app di Android untuk pemula 
periode 20-24 Maret 2017

Workshop membuat app di Android untuk pemula ini bertujuan untuk saling belajar tentang bagaimana membuat app di Android untuk pemula atau awam yang dikemas dalam format kelas kecil, nyaman, dan proses belajar step-by-step yang mengutamakan proses penyerapan materi se-optimal mungkin dalam belajar.

Ketika kita mengamati proses belajar di kelas yang terjadi di sekolah-sekolah atau universitas-universitas, ada beberapa kelemahan dalam proses belajar di kelas seperti yang diselenggrakan oleh sekolah-sekolah atau universitas-universitas. Dan kelemahan ini pada umumnya sulit diatasi oleh organisasi sekolahan/universitas karena berbagai macam faktor.


Workshop belajar membuat app di Android untuk pemula ini sengaja dibuat dalam format yang memecahkan kelemahan tersebut. Beberapa catatan identifikasi kelemahan proses belajar mengajar di kelas dan alternatif solusi yang ditawarkan dalam workshop ini antara lain:
1. Salah satu kelemahan yang paling menonjol dalam proses belajar di kelas yang di selenggarakan oleh sekolah-sekolah atau universitas pada umumnya adalah efektivitas penyerapan materi oleh siswa yang rendah. Salah satu faktor utama penyebabnya adalah jumlah siswa yang terlalu besar dalam kelas. Proses belajar yang biasa diselenggarkan di kelas oleh sekolah-sekolah atau universitas-universitas pada umumnya berisi sekitar 30-60 siswa dalam satu kelas. Dari jumlah tersebut proses belajar-mengajar hanya bisa diserap dengan baik oleh siswa tidak lebih dari sekitar 30% jumlah siswa dalam satu kelas. Semakin banyak jumlah siswa akan cenderung semakin banyak terjadi gangguan. Siswa yang satu akan menggangu yang lain. Sehingga akan membuat distorsi proses belajar mengajar dan menghasilkan proses penyerapan yang jauh dari optimal. (Untuk detil problem belajar siswa bisa dibaca di artikel tentang: Gaya Belajar Anak Dalam Pendidikan). Baca juga: Mengapa Siswa Tidak Suka Belajar di Kelas.
Solusi: Workshop belajar membuat app di Android ini sengaja menerapkan untuk menampung jumlah siswa yang terbatas antara 5 - 10 orang siswa untuk meningkatkan efektivitas proses belajar supaya penyeraban materi oleh siswa lebih optimal. 
2. Kelemahan lain proses belajar di kelas pada umumnya adalah bahwa terjadi kebosanan oleh siswa karena suasana yang relatif sama dan kurang kondusif untuk mendukung proses belajar di kelas. Kebosanan akan mendorong kurang optimalnya penyeraban materi oleh siswa. Kebosanan juga akan memunculkan demotivasi tentang spirit belajar.
Solusi: Workshop ini sengaja mengambil lokasi di Kota Wisata Batu - Malang yang dikelilingi oleh pemandangan yang indah, gunung-gunung, dan hawa yang sejuk. Banyak sekali objek-objek wisata yang saling berdekatan satu sama lain. Kebosanan akan mudah diusir dengan menikmati pemandangan sekeling wilayah ini. Dengan lingkungan yang nyaman seperti ini diharapkan akan mampu menghadang rasa bosa dalam belajar. Dan dengan begitu akan meningkatkan penyeraban materi oleh siswa dan mendorong/memotivasi semangat belajar.
Tentang topik "Belajar Membuat App di Android Untuk Pemula/Awam" ini di dasari oleh pertumbuhan smartphone yang saat ini terasa semakin cepat. Sedangkan salah satu hal yang menjadi kunci sukses pertumbuhan smartphone saat ini adalah adanya berbagai app yang melengkapi fungsionalitas smartphones. Indonesia adalah salah satu konsumen terbesar smartphone terutama smartphone berbasis Android. Saat ini ada lebih dari 40 juta (sekitar 41 juta) perangkat berbasis Android yang dipegang oleh orang Indonesia. Angka ini menguasai statistik untuk wilayah Asia Tenggara sebesar lebih dari 90% (sekitar 94%). Di seluruh dunia perangkat berbasis Android di estimasi berjumlah sekitar 1 miliar pengguna.

Sayangnya, dari besarnya jumlah pengguna Android dari Indonesia masih belum sebanding dengan jumlah pembuat app Android. Hal ini disebabkan masih kurangnya developer Android di Indonesia. Karena itu workshop membuat app di Android untuk pemula ini ditujukan untuk menyebarkan edukasi tentang bagaimana membuat app di Android untuk tingkat pemula dalam kelompok-kelompok kecil. Dari kelompok-kelompok kecil inilah diharapkan proses penyebaran pengetahuan yang semakin cepat dan efisien.

Materi workshop membuat app untuk pemula ini memadukan materi yang diajarkan Google di udacity yang lebih bersifat terapan dan materi yang biasanya diajarkan di area akademis yang lebih bersifat teoritis. Setelah selesai workshop, peserta akan membawa pulang project pekerjaan rumah untuk membuat app yang sedikir lebih kompleks untuk diselesaikan. Dari project pekerjaan rumah ini diharapkan bahwa kemampuan para peserta akan setara dengan para pembuat app profesional.

Link terkait:

Comments

Popular posts from this blog

10 Pepatah Jawa Kuno Untuk Menjalani Hidup Yang Semakin Kompleks

Kumohon Ya Tuhan MB 218