6 Cara Praktis Belajar Bahasa Asing

Bahasa adalah alat komunikasi dan buka topik akademis dimana kita harus lulus atau tidak lulus. Tidak ada kata gagal dalam belajar bahasa asing. Yang ada hanyalah berbagai macam tingkat keberhasilan dalam mempelajari bahasa tersebut. Bahkan kesuksesan kecil saja sudah bisa menggunakan bahasa tersebut untuk membeli dan membayar makan malam meskipun dengan tata bahasa yang patah-patah dan tidak sempurna. Jika kita ingin mempelajari suatu bahasa asing dengan serius kita bisa mencoba daftar tips atau cara berikut di bawah ini:
  • Menulis dengan tangan. Meskipun menulis dengan tangan terlihat sebagai sesuatu yang sudah kuno saat ini, tetapi jangan meremehkan kekuatan menulis dengan tangan dalam menguatkan ingatan otak dalam mengingat sesuatu. Ketika kita belajar bahasa asing, sebaiknya kita menggunakan cara mencatat secara tradisional (di buku catatan kecil) untu menulis kata-kata atau vocabulary baru dan tata bahasa atau grammar. Gerakan fisik dalam menulis kata-kata tersebut akan menguatkan ingatan yang jauh lebih baik, dan kalau perlu bisa menggunakan stabilo untuk memberi corat-coret dengan warna yang berbeda-beda. Ketika mencatat kosakata baru, sebaiknya, tuliskan juga semua sinonimnya sehingga lebih cepat mendapatkan banyak kata-kata baru. 
  • Mendengarkan musik. Potensi belajar bahasa dengan mendengarkan suatu lagu sudah menjadi rahasia umum. Untuk pembelajar baru, sebaiknya tidak mulai dari lirik yang rumit, tetapi mulai dengan langkah-langkah sederhana, mendengarkan refren misalnya. Namun juga jangan kecewa apabila ternyata lagu tersebut memiliki arti yang sangat jauh berbeda dengan yang kita bayangkan, setidaknya, kita sudah belajar tentang bahasa tersebut secukupnya dan mulai memahami sedikit demi sedikit.
  • Menonton tv, film, atau interview dan pidato di youtube. Di jaman sekarang sangatlah mudah mendapatkan akses ke berbagai serial TV, film, interview atau pidato dalam bahasa asing, tidak peduli dimana kita tinggal atau bahasa asing apa yang sedang kita pelajari. Kita bisa memulai dengan mencoba episode-episode yang pendek, supaya bisa menontonnya beberapa kali tanpa putus asa. Pertama mungkin kita bisa mencoba dengan menontonnya tanpa subtitle, kemudian mengaktifkan subtitlenya dalam bahasa asli dan kemudian mencocokkan dengan pemahaman sendiri. Kita perlu mencatat kalimat-kalimat idiom atau kata-kata tertentu yang kita tidak tahu.
  • Mengakses, berkomunikasi dan berkenalan dengan para pembelajar bahasa dan para guru online. Bila kita memiliki akses internet yang bagus, kita bisa mencari kelas-kelas bahasa dengan para native speaker melalui program seperti Skype atau FaceTime. Kita bisa menggunakan ini tidak hanya untuk kelas percakapan, tetapi juga kelas grammar atau kelas menulis karena chat di Skype juga sama dengan menulis di papan tulis. Kita bisa menemukan banyak sekali platform di internet yang menawarkan tukar-menukar bahasa dengan para pengguna yang tertarik belajar bahasa sekaligus ini adalah cara berkenalan dengan teman baru yang mengasyikkan. Kita bisa menemukan salah situs untuk belajar bahasa asing di artikel berikut: 38 Tempat Untuk Belajar Online Secara Gratis.


  • Mengubah setting bahasa di sosial media. Salah satu cara yang perlu dicoba adalah mengubah setting di semua gadget dan sosial media kita ke bahasa yang sedang kita pelajari. Awalnya mungkin tidak mudah membaca berbagai macam status, post, pesan atau bahkan ketika menelpon apabila kita tidak tahu kata-kata apa yang muncul di layar. Kadang mungkin kita perlu translator online untuk sementara waktu. Tetapi tidak lama kita akan segera terbiasa, dan mungkin akan sangat bermanfaat ketika kita bepergian.
  • Bepergian dan jangan takut berbicara dan membuat kesalahan. Kita semua setuju bahwa cara terbaik untuk belajar bahasa asing adalah pergi ke tempat dimana bahasa tersebut digunakan. Tetapi ini tidak cukup dengan hanya pergi ke tempat tujuan jika kita tidak mencoba mempelajari kultur lokalnya. Dengan berpindah-pindah dari suatu lokasi ke lokasi lainnya, kita akan bertemu dengan orang-orang dan kultur yang baru, sehingga kita bisa menemukan spirit yang asli dari bahasa yang sedang kita pelajari tersebut. Jangan pernah takut berbicara menggunakan bahasa yang sedang kita pelajari. Para native speakers biasanya tersanjung kalau melihat kita berusaha mempelajari bahasa mereka. Mereka juga tidak akan menertawakan bahasa yang kita ucapkan patah-patah. Mereka sangat memahami hal ini. Jika kita tidak paham atau tidak bisa mnyampaikan apa yang kita inginkan, itu berarti tujuan komunikasi tidak tercapai. Hanya itu saja dan tidak lebih. Jadi kita hanya perlu mencoba lagi kesempatan berikutnya dan santai saja.
    Anak-anak berlibur sambil belajar bahasa inggris, bermain, dan berlatih kepemimpinan 
    di Dusun Sahabat Alam, Batu Malang, 
    yang diselenggarakan oleh Azeru Fun Learning Centre

Artikel terkait:

Comments

Popular posts from this blog

10 Pepatah Jawa Kuno Untuk Menjalani Hidup Yang Semakin Kompleks

Kumohon Ya Tuhan MB 218