Dibalik Seri Kuliah (History of Internet ) Untuk Staff IT Kontan

Twitter membuat orang mengira dirinya seorang  yang bijaksana.
Instagram membuat orang mengira dirinya seorang fotografer.
Facebook membuat orang mengira dirinya punya banyak teman.
~Bangun dan Sadar akan menjadi sesuatu yang sangat sulit~
--o0o--

Kita semua saat ini terlibat aktif dan menikmati sosial media, entah facebook, twitter, linkedin, google+, instagram, whatsapp, bbm, telegram, dll dan entah apa lagi jenis media yang akan muncul nanti di masa mendatang.

Apapun jenis sosial medianya, kita semua tahu bahwa itu semua muncul berkat evolusi yang cepat dari teknologi yang sudah muncul sebelumnya, yaitu: teknologi web (boleh juga dibaca web 2.0). 

Dan ketika kita melihat teknologi web, kita juga tahu bahwa itu muncul juga berkat evolusi dari teknologi yang muncul mendahuluinya, yaitu: teknologi internet. 

Dan teknologi internet muncul dari evolusi teknologi jaringan yang muncul sebelumnya, yang kalau kita tarik mundur dari depan ke belakang kira-kira akan membentuk urutan seperti ini: internet-arpanet-bitnet-store & forward network. 

Dan evolusi teknologi jaringan tersebut muncul karena adanya teknologi yang muncul sebelumnya, yaitu: komputer! Dan komputer pertama yang lahir bernama bombe. Nama bombe berasal dari bahasa polandia karena kontribusi para pakar dari polandia. Bombe adalah komputer mekanik (komputasinya digerakkan oleh sistem mekanik). 

Dan kemudian bombe berevolusi menjadi colossus, dan colossus adalah komputer elektrik pertama tetapi masih dikombinasi sebagian peralatannya dengan mekanik. 

Dan tahukan kita, bahwa bombe lahir karena suatu peristiwa besar dunia yang dikutuk banyak orang, yaitu: Perang Dunia II! Bombe lahir karena dorongan untuk memecahkan kode-kode rahasia komunikasi pasukan Hitler yang disandikan menggunakan mesin enigma.

Bagaimanakah kira-kira perjalanan tool (baca: semua jenis sosial media tadi) yang sehari-hari kita gunakan & nikmati ini bila tanpa perang dunia II?
Atau, jangan-jangan, tanpa perang dunia II tidak pernah lahir bombe, colossus, internet, web, dan sosial media....?
Manusia saat ini menikmati sesuatu yang lahir dari peristiwa yang dulunya dikutuk oleh dirinya sendiri?!? 

~Kata cak lontong, yang suka pertanyaan iseng, boleh ikut mikir...(sambil telunjuk diarahkan ke kepala)~

Post artikel terkait lainnya:
Monkey Forest - Ubud - Bali

Comments

Popular posts from this blog

10 Pepatah Jawa Kuno Untuk Menjalani Hidup Yang Semakin Kompleks

Kumohon Ya Tuhan MB 218