Penyangkalan Total !

Tahukah kamu bahwa orang yang sangat bijak adalah orang yang menolak dan menyangkal secara total anggapan orang lain bahwa dirinya sangat bijak? Tahukah kamu bahwa orang yang sangat suci adalah orang yang menolak dan menyangkal secara total anggapan orang lain bahwa dirinya sangat suci?

Ceritera tentang kebijaksanaan:
Socrates dikenal sebagai seorang yang tidak tampan, berpakaian sederhana, tanpa alas kaki dan berkeliling mendatangi masyarakat Athena berdiskusi soal filsafat. Socrates melakukan ini pada mulanya karena didasari satu motif religius untuk membenarkan suara gaib yang didengar seorang kawannya dari Oracle Delphi yang mengatakan bahwa tidak ada orang yang lebih bijak dari Socrates.

Merasa diri tidak bijak, Socrates berkeliling untuk membuktikan kekeliruan suara tersebut. Socrates mendatangi satu demi satu orang-orang yang dianggap bijak oleh masyarakat dan mengajak diskusi tentang berbagai masalah kebijaksanaan. Socrates selalu mengejar definisi absolut tentang suatu masalah kepada orang-orang yang dianggapnya bijak, meskipun kerap kali orang yang diberi pertanyaan gagal melahirkan definisi yang ditanyakannya.
Pada akhirnya Socrates membenarkan suara gaib tersebut berdasar suatu pengertian bahwa dirinya adalah yang paling bijak karena dirinya tahu bahwa dia sama sekali tidak bijaksana sedangkan mereka yang merasa bijak pada dasarnya adalah tidak bijak karena mereka tidak tahu kalau mereka tidak bijaksana.

Tentang kesucian? Konon inilah sekelumit percakapan antara seseorang dengan Yesus:
Ada seorang pemimpin bertanya kepada Yesus, katanya: "Guru yang baik, apa yang harus aku perbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?" Jawab Yesus: "Mengapa kaukatakan Aku baik? Tak seorang pun yang baik selain daripada Allah saja."  (Lukas 18:18-19)

Penyangkalan total!

Comments

Popular posts from this blog

10 Pepatah Jawa Kuno Untuk Menjalani Hidup Yang Semakin Kompleks

Kumohon Ya Tuhan MB 218