7 Situs Web Terbaik Untuk Belajar Online Secara Gratis

 


Menurut ulasan Zack Friedman, seorang penulis bestselling, di forbes.com (https://www.forbes.com/sites/zackfriedman/2019/05/29/free-online-education/#620637e5342b), ada 7 situs web terbaik dimana kita bisa belajar mandiri secara online. Berikut adalah daftar ketujuh situs tersebut:

1. Khan Academy

Khan Academy adalah tempat belajar non-profit yang misinya adalah: "menyediakan pendidikan berkelas dunia, gratis bagi siapapun dan dimanapun". Khan Academy gratis baik untuk  siswa maupun guru. Pelajaran-pelajaran yang ditawarkan mulai dari TK sampai dengan perguruan tinggi. Para pendiri Khan Academy antara lain adalah Bill dan Melinda Gates Foundation, Google, Ann & Jon Doerr dan Reed Hastings.

2. edX

edX didirikan oleh Harvard dan MIT, dan merupakan non-profit yang ingin menghilangkan tiga hambatan dalam pendidikan tradisional, yaitu: biaya, lokasi, dan akses.  

3. Coursera

Coursera memiliki pendidikan gratis maupun berbayar dengan biaya secara umum berkisar antara $29 - $99.

4. Udemy

Udemy adalah marketplace pendidikan global. Berbeda dengan platform pendidikan online lainnya dimana kontennya dikelola oleh universitas atau pendidikan tinggi lainnya, Udemy memperbolehkan siapapun content creator untuk membuat kontennya dan mengajar nya secara online

5. Ted-Ed

Ted-Ed memiliki misi untuk menyebarkan ide-ide dari para guru dan siswa.

6. Codeacademy

Codeacademy adalah platform interaktif yang mengajarkan bagaimana coding dalam berbagai macam bahasa pemrograman yang berbeda-beda. Sebagian besar pendidikan gratisnya bisa diselesaikan dalam waktu kurang dari 11 jam. Codeacademy sudah mendidik lebih dari 45 juta siswa dalam berbagai topik seperti pengembangan web, programming, computer science dan data science.

7. Standford Online

Standford Online adalah pendidikan online atas inisiatif dari Standford University yang menawarkan baik pendidikan online gratis maupun sertifikat profesional, gelar lanjutan dan pendidikan eksekutif. Standford Online menawarkan pendidikan mulai dari sarjana dan paska sarjana.


Comments

Popular posts from this blog

10 Pepatah Jawa Kuno Untuk Menjalani Hidup Yang Semakin Kompleks

Kumohon Ya Tuhan MB 218