Google vs. Googol

image src: wikipedia

Kata kerja google dan kata benda googol pada umumnya membingungkan karena keduanya memiliki pengucapan (pronunciation) yang hampir sama. Google adalah kata yang lebih umum bagi kita saat ini, sehingga kata tersebut seringkali disalahpahami sebagai kata benda yang mengacu ke angka 10100. Angka tersebut adalah googol, dinamai demikian oleh Milton Sirotta, keponakan dari matematikawan Amerika Edward Kasner yang selalu bekerja dengan angka-angka besar seperti 10100.

Google, di sisi lain, adalah nama mesin pencari (search engine) dan juga suatu kata kerja yang mengacu ke proses pencarian di Internet mengguna mesin pencari Google. Nama mesin pencari tersebut terinspirasi dari angka di atas. Para pendiri Google memilih nama tersebut untuk me-refleksikan misi mereka yaitu, "mengorganisasikan informasi yang tampaknya tak terbatas di web". Kita bisa mengingat bahwa angka tersebut di-eja googol mengingat bahwa googol memiliki banyak sekali o.

Dua kata lain terkait dengan googol dan google adalah googolplex dan googleplex. Kedua kata tersebut juga umumnya membingungkan. Googolplex adalah angka 1 yang diikuti oleh banyak nol; sementara Googleplex adalah markas besar Google di Mountain View, California.

Comments

Popular posts from this blog

10 Pepatah Jawa Kuno Untuk Menjalani Hidup Yang Semakin Kompleks

Kumohon Ya Tuhan MB 218