Ngonference lagi di ICIMTech 2018
Sekali-sekali (sekali setahun 😅😅) ngonference lagi di ICIMTech 2018 (International Conference on Information Management & Technology) di Kampus BINUS Alam Sutera.
3. Menerapkan algorithma AGNES (hierarchical clustering) ke data yang sudah di konversi di atas
4. Inputkan hasil dendogram ke sistem chatbot menggunakan dialogflow
Paper hasil riset ini adalah tentang chatbot yang knowledge base-nya di-supply dari penerapan hierarchical clustering (spesifiknya dengan algorithma AGNES) pada data lokasi wisata di area malang raya (Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu) dan sekitarnya.
Ngonference di ICIMTech 2018 (International Conference on Information Management & Technology 2018) @Kampus BINUS Alam Sutera 3-5 September 2018 |
Search engines entah itu Google, Yahoo!, Bing, dll, memiliki kelemahan tentang query oleh wisatawan tentang seputar wisata. Pada umumnya wisatawan memiliki alokasi waktu yang terbatas ketika menghabiskan waktu berliburnya. Sehingga apabila mereka bertanya ke search engine, misalnya tentang tempat wisata mana saja yang harus dikunjungi bila waktu yang dimiliki 1 hari saja? Atau 2 hari saja? Search engine tidak bisa menjawab query seperti itu dan akan menampilkan daftar link berbagai laman yang terkait.
Kekurangan berikutnya tentang search engine adalah fleksibilitasnya untuk menyediakan query yang bersifat dialogis seperti layaknya orang bertanya ke sesama manusia.
Dari kekurangan tersebut menjadikan gagasan awal dari paper dalam riset ini. Bagaimana garis besar tahapan-tahapan dalam riset ini? Singkat cerita dan praktisnya kira-kira isi paper tersebut adalah begini:
1. Mengumpulkan data geolokasi lokasi-lokasi wisata di area Malang Raya dan sekitarnya (ada lebih dari 100 lokasi wisata ternyata....😆😆, tetapi sebagai kajian cukup diambil 39 yang paling populer saja).
2. Data geo-lokasi di-konversi menjadi jarak lokasi antara masing-masing lokasi dalam km
screenshot contoh data lokasi wisata dalam geolokasi dan jarak dalam km |
Screenshot contoh penerapan AGNES dan hasil analisa berupa dendogram |
Screenshot dialogflow sebagai framework untuk pengembangan chatbot |
5. Hubungkan ke mobile messeger seperti line & facebook messenger. Hasilnya kurang lebih adalah seperti berikut di bawah ini.
Screenshot chatbot di facebook messenger |
Hasilnya adalah chatbot tersebut bisa menutupi kelemahan search engine tentang query wisatawan, misalnya query tentang tempat manakah yang harus saya kunjungi bila saya punya waktu 1 hari? 2 hari? dan sebagainya. Juga menutupi kelemahan search engine tentang query yang bersifat dialogis.
Comments