38 Tempat Untuk Belajar Online Secara Gratis

Bila Anda adalah orang yang suka belajar, tapi tidak suka mengikuti jadwal guru atau orang lain, tidak perlu mahal dan tertekan, Anda perlu mem-bookmark daftar 38 situs pendidikan gratis di bawah ini, karena Anda pasti akan merasa bahwa ini adalah tempat yang sangat berharga. Dan yang lebih penting lagi adalah Anda bisa menentukan/membuat kurikulum kita sendiri.

Menurut www.webometrics.info, ada lebih dari 17.000 universitas yang terdaftar dalam database mereka, tetapi untuk mendapatkan gelar di universitas-universitas itu cukup mahal. Banyak sekali mahasiswa di seluruh dunia yang  terlilit utang besar atau harus bekerja lebih dari enam puluh jam seminggu untuk membayar biaya pendidikan.

Dua pertiga dari para senior perguruan tinggi AS yang lulus pada 2011, menurut laporan, memiliki utang pinjaman mahasiswa, dengan rata-rata lebih dari 27.000 USD per orang.

Ketika mengetahui data tersebut, kita jadi ingat akan kata-kata 30 tahun yang lalu:
"Dengan pendidikan massal, ternyata kebanyakan orang dapat diajarkan untuk membaca dan menulis. Dengan cara yang sama, setelah kita semua memiliki komputer di setiap rumah, dan masing-masing terhubung ke perpustakaan besar, di mana Anda bisa mengajukan pertanyaan dan jawaban bisa diberikan, Anda bisa melihat sesuatu yang Anda tertarik untuk mengetahuinya, namun mungkin saja itu adalah hal yang tampak konyol bagi orang lain. - Isaac Asiov".

Isaac Asimov meninggal pada tahun 1992, tetapi jika ia bisa melihat peluang bahwa Internet memberi kita di abad XXI dia mungkin akan tersenyum. Mendapatkan gelar di universitas mungkin mahal, tetapi ada pilihan yang lebih baik. Ada banyak situs di internet yang sekarang menawarkan bahan pembelajaran secara gratis. Sekarang bahkan orang-orang termiskin mampu menjadi lebih terdidik daripada banyak lulusan Harvard, semua yang mereka butuhkan adalah akses ke komputer (bahkan tidak harus komputer pribadi, tetapi bisa saja komputer yang ditawarkan di perpustakaan atau tempat-tempat umum).

Tidak perlu lagi panjang lebar, berikut di bawah ini adalah daftar fantastis dari 38 situs pendidikan:

1. ALISON - Berisi lebih dari 60 juta pelajaran dan dikunjungi 1,2 juta pengunjung unik per bulan

2. Coursera - ini adalah situs pendidikan yang bekerja sama dengan banyak universitas untuk menyediakan program mereka di Internet, gratis untuk Anda gunakan. Ada lebih 542 program di dalamnya.

3. The Universitas of Reddit - Ini adalah versi gratis dari The University of Reddit.

4. UDACITY - Anda bisa meningkatkan pendidikan dan karir melalui berbagai kelas online yang berbasis proyek, terutama yang berfokus di sekitar bidang komputer, data sains dan matematika.

5. MIT Open CourseWare - Ini adalah akses gratis ke beberapa kursus MIT yang setara dengan apa yang Anda harapkan dari MIT.

6. Open Culture - Berisi ringkasan sumber material belajar gratis, termasuk berbagai macam kursus, buku teks, dan video / film.

7. Open YALE Courses - Open Yale Courses menyediakan akses gratis dan terbuka untuk pilihan kursus pengantar yang diajarkan oleh para guru dan sarjana terkemukan di Yale University. Semua kuliah direkam di kelas Yale College dan tersedia dalam bentuk video, audio, dan format transkrip teks. Tidak perlu pendaftaran disini.

8. Khan Academy - Anda bisa menonton ribuan kuliah mini tentang berbagai topik mulai dari sejarah dan ilmu pengobatan hingga ke kimia dan ilmu komputer.

9. Zooniverse - Anda bisa mengambil bagian dalam berbagai macam kajian yang menarik terhadap alam, sains, dan budaya.

Link terkait (lanjutan):
Catatan tambahan, berikut adalah informasi tambahan untuk situs yang berkaitan dengan tempat belajar online

1. Liberty Classroom - Dimiliki oleh penulis buku terkenal Tom Woods. Situs ini berisi beberapa kursus gratis dalam sejarah dan ekonomi, sayangnya tidak gratis total, tetapi jangan khawatir karena harganya cukup murah yaitu seharga satu tiket film dalam sebulan, dan Anda bisa memperoleh akses ke banyak informasi yang sangat berguna. Yah...tidak sepenuhnya gratis, tapi cukup lumayan dan layak ...

2. No Excuse List - Berisi banyak sekali daftar situs-situs web untuk belajar.

Comments

Popular posts from this blog

10 Pepatah Jawa Kuno Untuk Menjalani Hidup Yang Semakin Kompleks

Kumohon Ya Tuhan MB 218