Misteri 'Nyi Roro Kidul' dan Para Capres

Siapa yang akan menang dalam pilpres?
Yang menang adalah orang yang intensif mengunjungi 'Nyi Roro Kidul', mendapatkan restunya, dan kelak menjadikan Nyi Roro Kidul sebagai istri pertamanya!

~oo0oo~

Tengah malam sekitar dua dekade lalu seorang wartawan di televisi swasta mewawancarai juru bicara keraton yogyakarta, KGPH xyz (lupa namanya... ).

Topiknya menarik. Pertanyaan dari sang wartawan sangat 'to the point'.

Apa atau Siapa sebenarnya si 'Nyi Roro Kidul?'
Mengapa setiap raja mataram harus menjadikan 'Nyi Roro Kidul' sebagai istri pertama mereka?


Si juru bicara keraton menjawab panjang lebar mirip kuliah empat sks. Diluar dugaan, jawaban yang panjang lebar itu menjelaskan bangunan filosofis pemerintahan ala raja jawa.

Siapa atau Apa si 'Nyi Roro Kidul'? Dan Mengapa ia menjadi istri pertama setiap raja jawa?

'Nyi Roro Kidul adalah simbol 'hati nurani rakyat' (disingkat 'rakyat' saja, dan bukan 'hanura' supaya tidak terasosiasi dengan parpol tertentu... ).

Karena 'Nyi Roro Kidul' adalah 'rakyat', maka seorang 'raja yang baik' wajib menjadikan 'rakyat nya sebagai 'istri pertama'. Sehingga istri-istri yang lain akan menjadi yang ke-2, ke-3, dst. Raja yang baik wajib kawin dengan rakyat. Karena itu Nyi Roro Kidul selalu menjadi istri pertama semua raja jawa.

Sebagai simbol pertalian antara raja jawa dan nyi roro kidul, memang ada upacara-upacara dan tempat keramat untuk 'mengawetkan' tradisi simbolis pada waktu-waktu tertentu. Tetapi sejatinya pertemuan antara raja jawa dan nyi roro kidul (rakyat) dilakukan setiap saat setiap waktu melalui meditasi/tapa hening.
Itu sekilas jawaban singkat mengenai kedua pertanyaan di atas.

Si juru bicara melanjutkan, karena rakyat itu sangat dinamis maka simbol untuk menggambarkan dinamika rakyat adalah 'laut selatan'. Ombak di laut selatan itu terkadang sangat ganas...terkadang juga sangat lembut dan bersahabat.

Karakter ombak laut selatan ini adalah gambaran dinamika masyarakat jawa. Sebagai ratu, atau istri pertama raja jawa, 'Nyi Roro Kidul' perlu tahta kerajaan. Dan karena 'Nyi Roro Kidul' adalah rakyat, maka tahta kerajaannya adalah di laut selatan, yaitu gambaran dinamika masyarakat.

~oo0oo~

Siapa yang akan jadi presiden diantara dua orang itu?
Dia yang intensif mengunjungi 'Nyi Roro Kidul', mendapatkan restunya, dan kelak menjadikan Nyi Roro Kidul sebagai istri pertamanya!
Silahkan tebak sendiri!

~oo0o0~

Kalau begitu siapakah si 'Nyi Roro Kidul' yang sering dijumpai orang-orang pencari jalan spiritual di pantai selatan itu?

Itu, entah setan entah jin atau dedemit apapun jenisnya, memang mereka suka tinggal di laut. Laut adalah salah satu tempat favorit mereka selain gua, pohon, dan tempat-tempat angker lainnya. Mereka penggembira kehidupan yang kadang sangat aktif melakukan 'black campaign' kepada manusia pencari jalan spiritual yang 'nyentrik' ....

~misteri nyi roro kidul untuk para capres....& selamat berpesta demo-crazy~

Comments

Popular posts from this blog

10 Pepatah Jawa Kuno Untuk Menjalani Hidup Yang Semakin Kompleks

Kumohon Ya Tuhan MB 218